Siswa di Kendal Kini Wajib Menanam Padi di Sekolah

Iswahyudi    •    Jumat, 08 Dec 2017 17:23 WIB
pendidikan
Siswa di Kendal Kini Wajib Menanam Padi di Sekolah
Bupati Kendal Mirna Annisa saat panen perdana padi di SMP Negeri 1 Kendal -- medcom.id/Iswahyudi

Kendal: Pemerintah Kabupaten Kendal membuat program satu siswa satu tanaman padi. Program ini mewajibkan setiap siswa SD, SMP, dan SMP di Kendal menanam padi di lingkungan sekolah menggunakan polybag.

Bupati Kendal Mirna Annisa mengatakan program ini diharapkan mampu meningkatkan produksi padi, sekaligus mengenalkan para siswa cara bercocok tanam. "Nantinya, hasil penjualan panen padi disumbangkan bagi siswa yang kurang mampu," kata dia saat panen perdana padi di SMP Negeri 1 Kendal, Jalan Stadion Baru, Kendal, Jawa Tengah, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurut Mirna, program satu siswa satu tanaman padi ini masuk dalam pelajaran muatan lokal (mulok) di setiap sekolah sekolah. Bibit padi yang ditaam berasal dari Pemkab Kendal.

Ada dua jenis padi yang ditanam, yaitu Situ Bagendit dan Inpari 32. Kedunya dipilih karena dianggap paling tahan hama dan mudah perawatannya.

Nanda Pratikno Putri, siswa kelas tiga SMP Negeri 1 Kendal, mengaku senang bisa menanam padi dan merawatnya hingga panen. "Akhirnya bisa panen juga," tutupnya.


(NIN)