Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Puncak Liburan di Gunungkidul Jatuh pada 1 Januari

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 25 Dec 2017 17:29 WIB
natal dan tahun baru
Puncak Liburan di Gunungkidul Jatuh pada 1 Januari
Suasana liburan di Pantai Sadranan Gunungkidul. Foto: Istimewa

Gunungkidul: Wisatawan mulai memadati sejumlah wisata di DI Yogyakarta. Puncak kunjungan wisata Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 di Kabupaten Gunungkidul diperkirakan jatuh pada 1 Januari 2018.

"Di tanggal itu kira-kira ada 40 hingga 50 ribu wisatawan yang mengunjungi berbagai obyek wisata di Gunungkidul," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono saat dihubungi pada Senin, 25 Desember 2017.

Sebanyak 228 ribu wisatawan ditarget berkunjung ke Gunungkidul selama libur hari raya natal dan Tahun Baru 2018. Harry menilai target itu sangat bisa terpenuhi melihat antusiasme wisatawan yang menjadikan Gunungkidul salah satu tujuan wisata favorit.

Liburan akhir tahun ini dihitung mulai 23 Desember 2017 hingga 2 Januari 2017. "Kami optimis target ini akan tercapai," kata dia.

Hingga akhir pekan kemarin, Harry memperkirakan kunjungan wisata sudah mencapai 11 ribu wisatawan. Sehari berselang, lanjutnya, jumlah kunjungan mencapai 32 ribu wisatawan.

Menurut dia, obyek wisata pantai masih menjadi primadona bagi wisatawan. Meskipun, wisata alam di sejumlah titik di Gunungkidul juga jadi andalan mengget wisatawan. "Semua obyek wisata kita buka liburan ini," katanya.

Sementara itu, banyaknya kunjungan wisatawan membuat jalanan di Yogyakarta padat merayap. Pihak kepolisian bersama Dinas Perhubungan telah menyiapkan petugas untuk mengurai jika terjadi penumpukan kendaraan.

"Akhir pekan saja padat, apalagi liburan. Kami mengupayakan segala daya agar warga dan wisatawan bisa wisatawa maupun beraktivitas dengan lancar. Intinya kami akan mengurai kemacetan sedemikan rupa," kata Kepala Polda DIY Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri pada Minggu malam, 24 Desember 2017.


Foto:
Suasana liburan di Pantai Sadranan Gunungkidul. (Medcom.id-Ist)


(SUR)