Pedagang Pasar Klewer Dikirab

Pythag Kurniati    •    Jumat, 21 Apr 2017 10:02 WIB
pasar klewer bangkit
Pedagang Pasar Klewer Dikirab
Prajurit keraton mengawali kirab pedagang Pasar Klewer -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Sebanyak 500 pedagang Pasar Klewer berbaris di alun-alun utara yang dijadikan pasar darurat setelah pasar sandang terbesar di Jawa Tengah itu terbakar. Ratusan pedagang itu hendak dikirab dalam rangkaian peresmian Pasar Klewer setelah dibangun kembali.

"Setelah 1,5 tahun pembangunan dengan anggaran hampir Rp200 miliar, Pasar Klewer akhirnya akan diresmikan hari ini," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Subagiyo, Jumat, 21 April 2017.

Barisan diawali prajurit keraton. Selanjutnya, ada wayang orang punakawan, barisan pedagang Pasar Klewer, dan kesenian tari-tarian.


Wayang orang punakawan ikut meramaikan kirab pedagang Pasar Klewer -- MTVN/Pythag Kurniati

Tak ketinggalan, gunungan berisi sayur-mayur, buah, jajanan pasar dan pakaian dalam turut dikirab. Beberapa pedagang juga membawa nasi tumpeng.

Barisan kirab berjalan dari pasar darurat menuju Pasar Klewer. Mereka menunggu prosesi peresmian Pasar Klewer oleh Presiden Joko Widodo.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengatakan, Pasar Klewer dapat dijadikan contoh bagi pasar lainnya di Indonesia. "Saat menempati pasar darurat, pedagang tidak dipungut retribusi. Saat mulai menempati pasar, sistem pemungutan retribusi dilakukan menggunakan e-retribusi. Hal-hal baik ini harus menjadi contoh," tuturnya.

Pasar Klewer terbakar pada akhir Desember 2014. Saat ini, Pasar Klewer dibangun empat lantai, terdiri dari basement, semi-basement, lantai satu, dan dua.

Lantai semi-basement dan lantai satu digunakan untuk kios. Sedangkan lantai dua digunakan bagi pedagang pelataran.


(NIN)