Menko PMK Ajak Mahasiswa Cintai Keberagaman

Pythag Kurniati    •    Senin, 14 Aug 2017 17:04 WIB
pancasilamenko pmk
Menko PMK Ajak Mahasiswa Cintai Keberagaman
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berbincang dengan mahasiswa UNS Solo usai memberi kuliah terbuka di kampus itu, Senin (14/8/2017). (Metrotvnews.com/Istimewa)

Metrotvnews.com, Solo: Dunia perkuliahan merupakan miniatur bangsa. Pada tataran ini, kesempatan bergaul lintas daerah, suku, dan agama terbuka lebar. Seyogiyanya, mahasiswa bisa belajar kebinekaan dari lingkungan kampus. 

“Masa-masa memasuki kampus adalah masa membangun jati diri kalian. Jadilah pribadi yang penuh jiwa nasionalisme, cinta tanah air, cinta bangsa ini, cinta keberagaman,” ungkap Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat mengisi kuliah umum di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Senin, 14 Agustus 2017.

Puan mengajak generasi muda menjadi generasi yang cinta keberagaman. Puan juga berharap generasi muda mencintai Bineka Tunggal Ika.

“Di sini kalian semua adalah anak-anak Indonesia yang cinta Bineka Tunggal Ika,” kata dia. Puan menyebut, jika satu angkatan mahasiswa mampu menunjukkan kerukunan yang baik, hal tersebut akan menjadi contoh bagi angkatan, bahkan kampus lainnya.

Mencintai keberagaman dan Bineka Tunggal Ika menjadi salah satu poin penting dari pembangunan karakter mahasiswa. “Sebab memasuki kampus berarti siap menimba ilmu, menggembleng karakter sebagai bekal kehidupan,” papar Puan.

Lebih-lebih generasi muda, lanjutnya, memiliki peran besar dalam menentukan arah bangsa. Persaingan dalam era globalisasi sangat ditentukan oleh bagaimana sumber daya manusia mengelola potensi bangsanya.

Hasil kajian dari lembaga-lembaga terpercaya internasional, kata Puan, memprediksi Indonesia berpeluang menjadi kekuatan lima besar ekonomi dunia pada tahun 2035-2045.

“Artinya itu masa depan adik-adik sekalian. Saya nantinya sudah tua. Kalian yang mengarahkan masa depan Indonesia mau dibawa kemana,” pungkas Menko PMK.


(SAN)