Warga Brebes Diminta Waspada Tanah Longsor

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 24 Jan 2019 12:52 WIB
tanah longsorcuaca ekstrem
Warga Brebes Diminta Waspada Tanah Longsor
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Brebes: Tujuh kecamatan di Brebes, Jawa Tengah, berpotensi terdampak bencana longsor saat musim hujan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Brebes meminta masyarakat selalu waspada.

Tujuh kecamatan tersebut yakni Banjarharjo, Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Bumiayu, Sirampog, dan Tonjong. 

"Beberapa hari teakhir, intensitas hujan tinggi. Untuk itu, kami imbau kepada warga jika terjadi hujan deras dalam waktu yang lama perlu mencari tempat yang aman," kata Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Nushy Mansyur saat dihubungi Medcom.id, Kamis, 24 Januari 2019.

Nushy menjelaskan, kerawanan bencana tanah longsor paling tinggi ada di Kecamatan Salem. Longsor yang menelan belasan korban jiwa tahun lalu di Desa Pasirpanjang menjadi pembelajaran dan kesiapan bersama untuk antisipasi.

Di Desa Pasirpanjang telah dipasang alat early warning system (EWS) yang akan memberikan peringatan dini bencana. Meminimalisir ancaman kerusakan, BPBD rutin melakukan mitigasi dengan melatih personel BPBD dan sukarelawan di daerah.

Selain bencana tanah longsor, sejumlah wilayah di Kabupaten Brebes bagian utara juga rawan banjir. Yakni Kecamatan Brebes, Wanasari, Bulakamba, Tanjung, Losari, Ketanggungan dan Kersana.

"BPBD juga sudah mengirimkan surat tembusan kepada camat dan instansi terkait untuk mengantisipasi bencana alam," pungkas Nushy.


(DEN)