Pembentukan BNNK Solo 2017

Pythag Kurniati    •    Rabu, 21 Sep 2016 16:27 WIB
narkoba
Pembentukan BNNK Solo 2017
Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah Brigadir Jenderal Tri Agus Heru (Foto: MTVN/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Pembentukan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Solo, Jawa Tengah, akan direalisasikan pada 2017. Pernyataan itu mengemuka usai audiensi pembentukan instansi vertikal BNN di Kota Solo.

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah Brigadir Jenderal Tri Agus Heru mengatakan, Kota Solo merupakan daerah rawan peredaran dan pengguna narkotika. Kasus narkoba yang terungkap di Kota Solo menempati peringkat kedua paling banyak di Jawa Tengah. Hal itu yang mendasari pembentukan BNNK Solo dalam waktu dekat.

"Prevalensi penyalahgunaan narkoba di Jawa Tengah mencapai 1,96 persen dari penduduk usia 10 hingga 59 tahun," kata Brigadir Jenderal Tri Agus Heru di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (21/9/2016).

Tri mengatakan, jumlah penyalahguna narkotika di Jawa Tengah saat ini sekitar 500 ribu orang. Solo menjadi daerah dengan tingkat kerawanan paling tinggi terkait penyalahgunaan narkotika.

"Solo merupakan kota yang cukup maju maka banyak dimanfaatkan dalam peredaran narkoba. Hal tersebut yang perlu atensi," kata dia.

Saat ini sudah ada tujuh BNNK di Jawa Tengah. Yakni di Kendal, Temanggung, Brebes, Cilacap, Purbalingga, dan Tegal.

"Selanjutnya untuk di Kota Solo, kami secepatnya menyiapkan beberapa persyaratan yang harus diajukan ke Kemenpan RB dan BNN pusat. Seperti penyiapan fasilitas," pungkas dia.


(TTD)