PDI P Umumkan Nama Calon Bupati Jepara Besok

Rhobi Shani    •    Senin, 19 Sep 2016 14:31 WIB
pilkada
PDI P Umumkan Nama Calon Bupati Jepara Besok
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Foto: Antara/Yusuf Nugroho

Metrotvnews.com, Jepara: Rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan untuk calon bupati Jepara akan turun besok, Selasa 20 September 2016. Kepastian ini disampaikan Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara Dian Kristiandi.

“Besok sore rekomendasinya baru akan kami ambil ke DPD di Semarang,” ujar Andi, Senin (19/9/2016).

Andi mengatakan pihaknya tak mengetahui isi rekomendasi itu. Namun, berdasarkan survei internal, nama Ahmad Marzuqi, bupati petahana Jepara, paling populer. “Pertimbangannya apakah hanya dari hasil survei atau ada hal lain, kami tidak tahu,” kata Andi.

Sebelumnya, PDI Perjuangan mempersoalkan pencalonan Ahmad karena dia tersandung kasus korupsi dana bantuan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 2012-2013. "Setelah adanya kasus ini kami akan bicarakan lagi langkah ke depan akan seperti apa," ujar Ketua PDI Perjuangan Jawa Tengah Heru Sudjatmoko saat diwawancarai pada Jumat (22/7/2016).

Meski rekomendasi pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati baru turun besok, Andi mengatakan mesin partai sudah siap memenangkan siapa pun yang direkomendasikan pusat. Ia mengklaim sebanyak 16 PAC PDI Perjuangan Jepara sudah dibekali pendidikan khusus pemenangan pilkada selama sepekan di Magelang.

Dalam pilkada Jepara 2017, PDI Perjuangan mengusung calon sendiri. Mereka memenuhi modal minimal untuk mengusung pasangan calon, yakni 10 kursi di DPRD Jepara. “(Mencalonkan) sendirian kami siap. Masyarakat bukan memilih partai, tapi figur,” ujar Andi.

Pada pesta demokrasi nanti, PDI Perjuangan dipastikan berhadapan dengan koalisi besar, yaitu Partai Golkar, NasDem, PPP, PKB, dan Hanura yang mengusung pasangan Subroto-Nuryahman. Subroto adalah wakil bupati petahana Jepara.


(UWA)