Aksi Bela Rohingya Dipindah ke Masjid An-Nur

Antara    •    Selasa, 05 Sep 2017 18:36 WIB
rohingyapengungsi rohingya
Aksi Bela Rohingya Dipindah ke Masjid An-Nur
Pengungsi dari wilayah Rakhine berupaya menyeberang ke Bangladesh (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Magelang: Aksi damai bela Rohingya oleh kaum muslim yang rencananya dilakukan sekitar Candi Borobudur pada Jumat 8 September 2017, dipindah ke Masjid An-Nur Sawitan, Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

"Hingga sekarang belum ada pengajuan izin kegiatan tersebut dan kami bersama pihak Pemkab Magelang melakukan rapat koordinasi untuk membicarakan masalah tersebut," kata Waka Polres Magelang Kompol Heru Budiharto di Magelang, Selasa.

Rapat koordinasi yang berlangsung di Mapolres Magelang tersebut selain dihadiri pihak Polres dan FKPD, juga dihadiri FKUB Kabupaten Magelang dan ormas.

Heru mengatakan, berdasarkan rekomendasi dari satuan atas, berkaitan dengan rencana aksi pada 8 September 2017 tidak boleh dilakukan di kawasan cagar budaya, dalam hal ini Candi Borobudur.

Setelah dilakukan koordinasi, katanya, disepakati kegiatan akan dilakukan di Masjid Agung An-Nur dengan kegiatan saalat Jumat bersama, dilanjutkan doa bersama dan dilakukan penggalangan dana untuk warga Rohingya.

"Kami tegaskan, tidak ada kegiatan di Candi Borobudur berkaitan dengan rencana aksi tersebut," katanya.

Ia menuturkan untuk pengamanan aksi tersebut pihaknya akan menerjunkan sekitar 3.000 personel. "Pengamanan akan dibantu satuan Polda dan polres tetangga di eks Karesidenan Kedu, Semarang, Klaten, dan Yogyakarta," katanya.





(ALB)