Polda Jateng Petakan Aktivitas HTI di Jateng

Mustholih    •    Kamis, 20 Jul 2017 15:21 WIB
pembubaran hti
Polda Jateng Petakan Aktivitas HTI di Jateng
Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Condro Kirono -- ANT/R Rekotomo

Metrotvnews.com, Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah memetakan aktivitas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di wilayahnya. HTI dilarang membuat gerakan apa pun sejak surat keputusan badan hukumnnya dicabut.

"HTI di Jateng kita sudah maping (petakan) dan kita monitor gerakannya," kata Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Condro Kirono di Semarang, Kamis 20 Juli 2017.

Bahkan, kata Condro, Polda Jateng bakal melakukan pengawasan dan pemetaan simpatisan-simpatisan HTI di Jateng. "Termasuk yang mendukung HTI, akan kita lakukan pengawasan," tegasnya.

(Baca: Pergerakan Massa HTI Dipantau)

Apabila anggota dan simpatisan HTI membandel, Condro berjanji melakukan tindakan tegas. Sebab, HTI sudah resmi dibubarkan setelah SK badan hukumnya dicabut.

"Kita akan lakukan tindakan kalau ada," ujar Condro.

HTI tercatat di Kemenkumham sebagai Badan Hukum Perkumpulan dengan nomor registrasi AHU-00282.60.10.2014 pada 2 Juli 2014. HTI mengajukan permohonan Badan Hukum Perkumpulan secara elektronik melalui website ahu.go.id.

(Baca: Polda Jateng akan Tindak Aktivitas HTI)

Namun, per Rabu 19 Juli 2017, pemerintah mencabut SK Badan Hukum HTI dan dinyatakan bubar. Pembubaran HTI sesuai dengan Pasal 80A Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas.

 


(NIN)