Kulon Progo Siaga Darurat Kekeringan

Ahmad Mustaqim    •    Minggu, 10 Sep 2017 10:46 WIB
kemarau dan kekeringan
Kulon Progo Siaga Darurat Kekeringan
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Kulon Progo: Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoyo menetapkan siaga darurat kekeringan di daerahnya. Siaga darurat berlangsung selama 2 bulan.

Dalam surat keputusan Nomor 326/A/2017 itu, status siaga bencana kekeringan di Kulon Progo berlangsung dua bulan, yakni 28 Agustus-28 Oktober 2017. "Sesuai kondisi penanganan bencana dan potensi perubahan cuaca," demikian bunyi surat keputusan yang ditandatangani Hasto tersebut. 

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kulon Progo, Hepi Eko Nugroho menjelaskan, kekeringan yang terjadi di Kulon Progo ada di sejumlah desa di berbagai kecamatan. Di antaranya Samigaluh, Girimulyo, Kokap, Pengasih hingga Kalibawang. 

Sampai saat ini, katanya, masyarakat terdampak kekeringan masih memeroleh bantuan air bersih dari Dinas Sosial DIY yang disalurkan tim tagana. "Hampir setiap hari bantuan air bersih disalurkan," kata Hepi saat dihubungi Metrotvnews.com pada Minggu, 10 September 2017. 

Ia menambahkan, bantuan air dari Dinas Sosial DIY sejauh ini masih bisa melayani berbagai wilayah yang terdampak kekeringan. Meski demikian, BPBD setempat menyiapkan langkah antisipasi untuk membantu memberikan bantuan air bersih. 

"Harapan kami (bantuan air bersih) tak sampai ada masyarakat yang terlewatkan. Kemarau masih dalam beberapa pekan. Jika bantuan dari pemerintah DIY habis, kita siapkan back up bantuan air bersih. Surat pengajuan bantuan air bersih yang masuk belum banyak," ujarnya. 


(ALB)