Pelajar di Kendal Galang Dana Bagi Muslim Rohingya

Iswahyudi    •    Kamis, 07 Sep 2017 14:15 WIB
rohingya
Pelajar di Kendal Galang Dana Bagi Muslim Rohingya
Pelajar Madrasah Darussaadah menggalang dana bagi Muslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Ratusan pelajar Madrasah Darussaadah di Kecamatan Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, menggalang dana bagi Muslim Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Mereka menyisihkan uang sakunya untuk membantu saudara sesama Muslim yang mengalami kekerasan.

"Aksi ini spontan dilakukan siswa yang prihatin pada kaum Muslim Rohingya di Rakhine," kata Ketua OSIS Madrasah Aliyah Darussadah Nurul Maghfiroh, Kamis 7 September 2017.

Kepala Madrasah Aliah Darussadah Rowosari Siswanto menjelaskan, aksi yang dilakukan siswanya adalah bentuk kepedulian kepada sesama Muslim. Uang yang terkumpul akan disalurkan melalui Lembaga Amal Zakat Nahdatul Ulama (Laziz NU).

"Ini sekaligus sebagai pembelajaran bagi para pelajar," tutur Siswanto.

Perlu diketahui, pemerintah tidak tinggal diam dengan konflik yang terjadi di Myanmar. Presiden Joko Widodo telah mengutus Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk berkomunikasi dengan sejumlah pihak terkait.

(Baca: Kemenlu RI Tak Pernah Klaim Bantuan ke Rakhine Hanya dari Pemerintah)

Menlu Retno telah bertemu pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi dan menyampaikan usulan dengan formula 4+1. Empat pertama mengenai perdamaian dan keamanan, kedua perlindungan maksimum, menahan diri dan tanpa kekerasan, ketiga perlindungan tanpa memandang etnis dan agama, serta akses penyaluran bantuan kemanusiaan.

Satu lainnya adalah implementasi laporan Kofi Annan, Ketua Komisi Penasihat Negara Bagian Rakhine yang ditunjuk Pemerintah Myanmar sendiri. Menurut Retno, Suu Kyi menanggapi positif usulan dengan formula 4+1 yang disampaikan Indonesia.

Dari Myanmar, Menlu Retno bertemu PM dan Menlu Bangladesh untuk membicarakan masalah bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya.

 


(NIN)