Panglima TNI Apresiasi Ide Jokowi Film G30S/PKI Diperbarui

Pythag Kurniati    •    Selasa, 19 Sep 2017 16:42 WIB
peringatan g 30 s pki
Panglima TNI Apresiasi Ide Jokowi Film G30S/PKI Diperbarui
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo--MI/Atet Dwi

Metrotvnews.com, Karanganyar: Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo mengapresiasi usul Presiden Jokowi meminta film G30S/PKI diperbarui. Presiden menekankan film G30S /PKI kembali dibuat agar bisa diterima generasi milenial. 

"Itu ide yang luar biasa," kata Gatot Nurmantyo usai berziarah di makam presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto di Astana Giri Bangun, Karanganyar, Selasa, 19 September 2017.

Menurutnya, Presiden Jokowi ingin agar film bisa disesuaikan dengan kondisi generasi saat ini. Supaya bisa dinikmati, film harus disesuaikan dengan kondisi zaman, namun harus berdasarkan sejarah yang ada. "Intinya kan pelajaran sejarah," jelas dia.

Baca, Presiden: Menonton Film Tentang Sejarah Penting

Panglima TNI dalam kesempatan itu juga kembali menjelaskan mengenai imbauan kepada seluruh jajarannya untuk memutar film G30S/PKI. 

"Sekali lagi, bukan untuk mendiskreditkan tapi agar diketahui masyarakat dan generasi muda," katanya.

Baca: Pemutaran Film G30S/PKI Bisa Timbulkan Keresahan Sosial

Panglima TNI meminta generasi muda belajar dari film tersebut. Ia tidak ingin generasi muda terprovokasi dan terpecah-pecah. "Jangan sampai tragedi itu terjadi pada zaman-zaman ini. Karena sejarah cenderung berulang," pesan Panglima TNI.





(ALB)