Kebhinekaan Diusung di Lokasi Wisata Pantai di Gunungkidul

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 19 Sep 2017 19:52 WIB
kedaulatan nkri
Kebhinekaan Diusung di Lokasi Wisata Pantai di Gunungkidul
Beberapa pemuda memasang seribu bendera Merah Putih di perairan Jepara, MTVN - Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, bakal bercorak khas. Pemerintah setempat bakal menjadi pantai selatan bercorak Kebhin\nekaan. Beragam tempat ibadah tersedia di kawasan pantai selatan Gunungkidul.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Saryanto mengatakan wisata pantai yang bercorak kebhinnekaan berada di Pantai Ngereneh Kecamatan Saptosari. Tempat ibadah seperti Musala, Pura, Vihara, dan aliran kepercayaan sudah ada di sana. 

Menurutnya, wisatawan dengan agama dan kepercayaan berbeda bebas beribadah di lokasi tersebut. "Artinya bisa bebas beribadah dan hidup damai," kata Saryanto di Wonosari, Gunungkidul pada Selasa, 19 September 2017. 

Selain Pantai Ngereneh, juga ada Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari. Di Pantai Ngobaran juga terdapat Musala, Vihara, Pura dan tempat ibadah aliran kepercayaan. 

Pantai Ngobaran berjarak 28 kilometer dari kota Wonosari. Membutuhkan waktu 45 menit dengan kendaraan bermotor untuk sampai di pantai tersebut. 

"Bahkan Pantai Ngobaran jadi lokasi perayaan Melasti bagi umat Hindu tiap tahunnya. Kepercayaan warga sekitar, Pantai Ngobaran pernah jadi tempat singgah Raja Brawijaya V. Jadi ini untuk menghormati raja Majapahit," katanya. 

Menurut Saryanto, pantai Torohudan juga dilengkapi dengan fasilitas serupa. "Nanti ada yang dikemas wisata halal dengan dilengkapi masjid. Lalu Pantai Ngereneh menjadi wisata kuliner," katanya. 

Kendati wisata di tengah perbedaan, lanjutnya, tak ada konflik gesekan pemeluk agama dan penganut kepercayaan. Menurut dia, masyarakat pemeluk agama dan kepercayaan bisa saling menjaga kerukunan. 

"Masyarakat sudah saling menghormati satu sama lain. Wacana membangunan wisata kebhinnekaan kiranya bisa kita bangun di sana. Ini akan menjadi contoh untuk destinasi wisata yang lain," tuturnya. 



(RRN)