Solo Darurat Lahan Pemakaman

Pythag Kurniati    •    Senin, 24 Jul 2017 20:26 WIB
pemakaman umum
Solo Darurat Lahan Pemakaman
Pemakaman di Solo. --MTVN/Pythag--

Metrotvnews.com, Solo: Kapasitas Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kota Solo makin terbatas. Merujuk data jumlah kematian setiap tahun, kapasitas seluruh makam di Solo hanya mampu menampung jenazah hingga lima tahun ke depan.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kota Solo Agus Djoko Witiarso mengungkapkan, ada lima TPU di Kota Solo. Lima TPU tersebut yakni TPU Daksinalaya, Banalaya, Pracimalaya, Untaralaya dan Purwalaya.

“Berdasarkan perhitungan, kelima-limanya sudah hampir penuh,” ungkap Agus, Senin, 24 Juli 2017.

Agus menerangkan, saat ini kapasitas dari lima makam hanya mampu menampung 11 ribu badan atau diperkirakan bertahan selama lima tahun. Untuk dapat bertahan hingga 20 tahun ke depan, setidaknya dibutuhkan 13 hektar lahan tambahan.

Ia menambahkan bakal mempertimbangkan kemungkinan pembelian lahan di tempat lain untuk memenuhi kebutuhan pemakaman. Sebelum pembelian dilakukan, Pemkot Solo akan terlebih dahulu melakukan kajian.

“Aspek-aspek legal seperti Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), aspek nonteknis, misalnya sikap tokoh masyarakat setempat semua harus dikaji dahulu," terang Agus.

Namun rencana kemungkinan pembelian lahan dalam waktu dekat untuk memenuhi kebutuhan pemakaman rupanya masih terbentur anggaran. Hal tersebut dikemukakan secara terpisah oleh Sekretaris Daerah Kota Solo Budi Yulistyanto.

“Kami belum mengalokasikan anggaran untuk membeli lahan makam di anggaran perubahan ini. Mungkin di APBD tahun depan (2018) baru diajukan,” katanya. Budi tidak menampik bahwa penyediaan makam menjadi salah satu kebutuhan yang mendesak.


(ALB)