Warga Yogya Dikejutkan Gempa di Jumat Pagi

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 11 Nov 2016 10:34 WIB
gempa bumi
Warga Yogya Dikejutkan Gempa di Jumat Pagi
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Gempa dirasakan warga Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 11 November. Gempa dalam durasi relatif singkat itu dirasakan pula di luar Yogyakarta.

Dari informasi BMKG memalui akun twitter @infoBMKG, gempa terjadi sekitar pukul 7:26 WIB. Gempa berlokasi di titik koordinat 9.03 LS,111.29 BT (96 km Tenggara Pacitan, Jawa Timur) dengan kedalaman 10 Km. Adapun kekuatan gempa tersebut 5,2 scala richter.

Kepala Logistik dan Kedaruratan BPBD Gunungkidul, Sutaryono mengatakan belum ada informasi kerusakan akibat gempa itu. Ia menyebut, sejumlah warga merasakan getaran gempa.

"Ada warga yang sempat merasa. Tapi ada juga yang katanya tidak merasa," kata Sutaryono melalui sambungan telepon dari Yogyakarta.

Seorang warga Kabupaten Gunungkidul, Maya mengatakan merasakan getaran gempa. Ia mengakui sempat keluar rumah saat gerjadi guncangan.

Selain di Gunungkidul, gempa juga dirasakan hingga Kabupaten Bantul. Pemilik akun @Randitak, mengomentari infomasi BMKG dengan bunyi, "Gempa sampai Bantul, Yogyakarta."

Selain Yogyakarta, sejumlah wilayah Seperti Klaten, Wonogiri, juga merasakan gempa itu. "Gempa terasa di Wedi, Klaten (Jawa Tengah)," tulis pemilik akun @anistri_07.

Seminggu lalu, Jumat, (4/11/2016), gempa juga sempat dirasakan warga Yogyakarta sekitar pukul 12.08 WIB. Saat itu, gempat yang berpusat di 45 Km Barat Laut Madiun, Jawa Timur, memiliki kekuatan 4,9 scala richter.


(SAN)