Permakaman Longsor di Yogya Segera Diperbaiki

Patricia Vicka    •    Kamis, 17 Nov 2016 16:16 WIB
longsor
Permakaman Longsor di Yogya Segera Diperbaiki
Permakaman di bantaran Kali Code longsor akibat tanggul penahan rusak. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tanggul kompleks permakaman di bantaran Kali Code rusak akibat hujan lebat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta akan segera memperbaiki tanggul yang berada di Blunyah Gede, Desa Sindudadi, Mlati, Sleman. 

Kepala BPBD DIY Krido Supriyatno menjelaskan telah menyiapkan dana Rp 40juta. Dana itu untuk membeli material pembangunan tanggul. Pembangunan akan dilakukan bekerja sama dengan Dinas PUP ESDM DIY. 

"Tinggi tanggul yang akan kita bangun enam meter, panjang tiga meter," ujar Krido di kantornya, di Jalan Cendana Yogyakarta, Kamis (17/11/2016). 

Tanggul yang rusak merupakan pembatas antara permakaman dengan permukiman warga yang berada di bawah pemakaman. Sisa tanggul yang rusak sudah dibersihkan warga. 

Pembangunan tanggul akan dilaksanakan Sabtu (19/11/2016) guna mencegah terjadinya longsor ke rumah warga. 

"Kami akan gerakkan relawan untuk memperbaiki tanggul. Kalau makam yang rusak menjadi tanggungan ahli waris," pungkasnya. 

Longsor kecil menyebabkan puluhan makam rusak dan tiga di antaranya rusak parah hingga terseret beberapa meter dari permakaman. Akibatnya beberapa jenazah tampak kepermukaan.


(SAN)