6 Kecamatan di Gunungkidul Terdampak Bencana

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 29 Nov 2016 18:04 WIB
bencana alam
6 Kecamatan di Gunungkidul Terdampak Bencana
Warga Gunungkidul bergotong royong usai banjir. Foto: MI/Djoko Sardjono

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Bencana alam melanda enam kecamatan di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bencana tersebut terjadi akibat hujan intensitas tinggi yang terjadi sejak Senin 28 November 2016.

Keenam kecamatan itu antara lain Kecamatan Ngawen, Gedangsari, Patuk, Nglipar, Ponjong, dan Wonosari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budhi Harjo, mengatakan longsor terjadi di Kecamatan Ngawen. Akibatnya, bagian belakang rumah milik Sudarno, 60, rusak. Di Kecamatan Gedangsari, longsor terjadi di dua desa, yakni Hargomulyo dan Watugajah.

"Di Kecamatan Patuk, ada rumah warga yang rusak akibat tertimpa pohon setelah ada angin kencang," ujar Budhi melalui sambungan telepon, Selasa (29/11/2016).

Budhi melanjutkan, hujan deras juga membuat sebuah jembatan di Kecamatan Nglipar, putus. Jembatan sepanjang 30 meter itu menghubungkan Dusun Jeruklegi dan Dusun Klegung. Warga yang hendak mengakses dusun itu harus mencari jalan alternatif dengan jarak tempuh 10 kilometer.

"Curah hujan yang tinggi meningkatkan debit Sungai Oya. Karena tidak kuat, jembatan gantung itu putus," kata dia.

Di Kecamatan Ponjong, lanjut Budhi, jalan penghubung ambles sepanjang 50 meter. Akibat ambles, akses jalan tersebut ditutup untuk roda empat.

Sementara itu, di Kecamatan Wonosari sempat terjadi genangan setinggi 30 sentimeter. Budhi menyebut, sejumah RT di Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari, sempat tergenang selama setengah jam.

BPBD telah menurunkan tim reaksi cepat membantu korban di lokasi bencana alam. Selain menggerakkan bantuan tenaga, BPBD juga mengirimkan bantuan logistik.

"Potensi curah hujan tinggi masih bisa terjadi selama beberapa hari ke depan. Masyarakat kami imbau selalu waspada terhadap potensi bencana," kata dia.


(UWA)