Petugas Pindahkan Pohon Tumbang di 46 Titik di DIY

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 22 Nov 2016 09:15 WIB
cuaca ekstrem
Petugas Pindahkan Pohon Tumbang di 46 Titik di DIY
Ilustrasi petugas memindahkan pohon tumbang ditiup angin kencang, Ant - Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Petugas memindahkan pohon tumbang di Yogyakarta dan Bantul. Pohon bertumbangan setelah angin kencang dan hujan deras terjadi di dua wilayah tersebut kemarin sore.

Petugas Tim Reaksi Cepat BPBD DIY, Wahyu Pristyawan, mengatakan ranting dan pohon mengganggu akses jalan. Bahkan pohon juga merusak atap rumah di beberapa lokasi.

Wahyu mendata 46 titik pohon tumbang di Kota Yogyakarta yaitu Kotagede, Gondomanan, Kraton, dan Mergangsan. Sementara di Bantul, lokasi pohon tumbang berada di 19 titik di Banguntapan dan Sewon.

"Di Kabupaten Sleman ada satu pohon tumbang, yakni di Kecamatan Depok. Total, ada 66 titik kejadian," kata Wahyu di Yogyakarta, Selasa (22/11/2016).

Wahyu mengingatkan warga untuk tak mendekati pohon saat angin kencang. Utamanya pohon besar yang berusia tua. Sebab pohon tersebut bisa tumbang karena tak kuat menahan tiupan angin.

"Juga tak berada di bawah baliho. Jadi itu membahayakan," ujar Wahyu.

Selain itu, cuaca buruk kemarin mengakibatkan pemadaman listrik. Angin kencang menghamburkan genteng rumah. Namun, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sementara itu petugas Pusat Pengendalian Operasional (Pusdalops) BPBD DIY, Endaryanto, mengatakan cuaca buruk terjadi kurang lebih 1,5 jam. Endaryanto dan BPBD setempat pun melakukan tindakan di dua daerah itu. Beberapa pohon dipindahkan agar tak mengganggu aktivitas warga.


(RRN)