Antisipasi Longsor, Ribuan Pinus Ditanam di Gunung Salem

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 13 Jan 2019 17:52 WIB
tanah longsorMitigasi Bencana
Antisipasi Longsor, Ribuan Pinus Ditanam di Gunung Salem
Lokasi penanaman pinus di hutan Salem, Brebes, Jawa Tengah, untuk antisipasi bencana longsor, Minggu, 13 Januari 2019. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi).

Brebes: Perhutani PKBH Salem KPH Pekalongan Barat, Jawa Tengah berbenah melakukan penghijauan (reboisasi) wilayah hutan pinus dengan menanam ribuan pinus. Hal ini sebagai upaya mitigasi bencana di hutan Salem yang tahun lalu terjadi bencana tanah longsor hingga memakan korban jiwa.

"Mitigasi bencana dengan melakukan penghijauan ini dilakukan khususnya di lingkungan sekitar mahkota longsoran lama atau di Bukit Labuhan Bulan petak petak 7 F seluas 7 hektar, dimana terdapat mahkota longsor baru yang sudah terdapat beberapa retakan tanah," kata Mandor Polter PKBH Salem, Casro, 41, kepada Medcom.id, Minggu, 13 Januari 2019.

Hingga saat ini sudah 3.850 batang pinus ditanam sejak November 2018 lalu. Kemudian agar tidak dimakan ternak liar warga, di areal tanaman tersebut dilakukan pemagaran dengan kawat duri.

Di petak ini juga telah dipasang dua buah EWS (Early Warning System) guna mendeteksi dan memberikan peringatan dini berupa sirine jika terjadi pergerakan tanah. Sebab, longsoran tanah  berdampak pada warga yang bermukim di bawah bukit tersebut.

"Ada 7 kepala keluarga atau 23 jiwa penduduk di Dusun Jojogan dan puluhan jiwa di Cibuhun Desa Pasirpanjang. Soalnya, kedua dusun ini diprediksi berada di jalur longsoran," ungkap Casro.


(DEN)