Jelang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Menhub Instruksikan KAI Siagakan Alat Berat di Daerah Rawan Longsor

Patricia Vicka    •    Minggu, 17 Dec 2017 19:05 WIB
natal dan tahun baru
Menhub Instruksikan KAI Siagakan Alat Berat di Daerah Rawan Longsor
Menhub di Staisun Tugu Yogyakarta, Minggu, 17 Desember 2017. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Yogyakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menginstrusikan PT KAI untuk menyiagakan petugas dan alat berat khusus di sekitar daerah rawan longsor. Langkah ini untuk mengantisipasi bencana tanah longsor yang mungkin terjadi sepanjang masa angkutan Natal dan Tahun baru (Nataru) 2018.

"Sekarang musim hujan jadi berpotensi banyak longsor," tegas Budi usai mengecek kesiapan angkutan Natal dan Tahun baru di Stasiun Tugu Yogyakarta, Minggu, 17 Desember 2017.

Dengan adanya petugas dan alat berat, Menhub berharap jika terjadi longsor bisa ditangani dalam waktu cepat. Dia pun menargetkan penanganan bencana longsor di jalur kereta tak memakan waktu lama

"Supaya kalau longsor, bisa cepat dibuka dalam waktu 1-2 jam," tegasnya.

Beberapa lintasan kereta api yang rawan terkena longsor berada di Jawa Barat bagian selatan seperti di Bumiwaluyo dan Garut. Sedangkan satu lagi kawasan rawan berada di Porong Jawa Timur.

Demi meningkatkan pelayanan pada konsumen, Menhub Budi meminta KAI menambah petugas jaga yang bekerja pada puncak musim libur yang jatuh di 22-26 Desember 2017. Para petugas ini diharapkan bisa bertindak cepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang muncul tak terduga.

Manager Humas DAOP VI, Eko Budiyanto mengatakan pihaknya menyiagakan 400 petugas tambahan selama liburan Nataru. Mereka akan disebar diseluruh wilayah DAOP VI untuk
memeriksa rel, menjaga palang pintu dan bersiapa ditempat rawan longsor.

"Itu diluar petugas keamanan. Kami gandeng TNI, Polri untuk menjaga keamanan baik di dalam kereta maupun di sekitar stasiun ," katanya.

Secara umum Menhub mengatakan sarana dan prasarana di seluruh stasiun KA di wilayah Daerah Operasi (Daop) VI Yogyakarta-Surakarta sudah siap untuk melayani penumpang pada Liburan Natal tahun baru 2018.

Hingga kini tiket KA menuju Daop VI pada tanggal 23-26 Desember ludes terjual. Namun, tiket KA di tanggal lain masih banyak tersisa.

Catatan DAOP Vi, tiket KA pada tanggal 22-26 Desember 2017 sudah terjual lebih dari 90 persen. Namun masyarakat tetap bisa memesan tiket. Caranya dengan menunggu penumpang yang membatalkan atau merubah jadwal.

 


(SUR)