Ganjar Ajak Siswa SMA Berbudaya di Era Digital

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 25 Oct 2017 20:41 WIB
pendidikan
Ganjar Ajak Siswa SMA Berbudaya di Era Digital
Ganjar Pranowo memberi kuliah umum di SMA 1 Larangan, Brebes. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo blusukan ke SMA 1 Larangan di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Politikus PDI Perjuangan mengajak seluruh siswa SMA untuk memiliki kepribadian yang berkebudayaan di era digital.

Dia mengajark anak muda bijak dan santun dalam bermedia sosial. Dunia maya juga tak boleh menjadi rujukan utama dan satu-satunya karena bertebaran informasi bohong dan menyesatkan.
 
"Sumber informasi jangan hanya lewat mbah google aja, tapi harus didapatkan pula dari guru, orang tua dan sumber-sumber lain yang dapat dipercaya," ujar Ganjar saat 'mengajar' di SMA Negeri 1 Larangan, Rabu 25 Oktober 2017.
 
Patuh dan santun pada orang tua dan guru suatu keharusan, termasuk dalam memilah informasi. Teknologi informasi banyak gunanya. Namun, perlu diwaspadai karena didalamnya banyak godaan.
 
Tidak hanya itu, pelajar dalam mengarungi kehidupannya senantiasa dihadapkan pada godaan seperti narkoba, minuman keras, dan bentuk-bentuk kegiatan negatif lain. Ganjar juga mengingatkan agar para siswa belajar sejarah.

Lewat sejarah bisa digali nilai-nilai positif dari para tokoh atau pahlawan yang telah mendirikan NKRI. “Juga harus mengenal wilayah daerah, Negara yang bermacam-macam suku bangsa, ras dan agama,” pungkasnya.
 
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur memberikan bantuan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Provinsi Jawa Tengah kepada para siswa dari keluarga kurang mampu.
 
Kepala SMA Negeri 1 Larangan, Mohammad Royani, mengaku bangga dan senang atas kedatangan Gubernur yang tidak disangka-sangka. Dia melaporkan sekolah yang berdiri sejak tahun 1990, saat ini memiliki 1.359 siswa.
 


(SUR)