Berkas PDI Perjuangan Surakarta Lengkap

Pythag Kurniati    •    Rabu, 11 Oct 2017 20:53 WIB
pemilu
Berkas PDI Perjuangan Surakarta Lengkap
Ketua DPC PDIP Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menyerahkan berkas pendaftaran parpol ke KPU Surakarta, MTVN - Pythag

Metrotvnews.com, Solo: KPU Surakarta menerima berkas pendaftaran dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surakarta pada Rabu, 11 Oktober 2017. Setelah melakukan pemeriksaan berkas, Komisioner KPU Surakarta menyatakan berkas lengkap dan diterima.

“PDIP menjadi partai pertama di Surakarta yang berkas pendaftarannya kita terima dan lengkap,” ungkap Sekretariat Kasubag Hukum KPU Surakarta, Arum Kismaharani di Kantor KPU Surakarta, Rabu, 11 Oktober 2017.

Arum menjelaskan, di KPU kabupaten dan kota, partai politik harus menyerahkan print out informasi yang telah diinput dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Kemudian parpol harus menyerahkan salinan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan salinan KTP elektronik yang disusun berurutan.

“Jumlahnya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan dan harus sesuai dengan Sipol,” imbuh Arum.

Sementara Ketua DPC PDIP Surakarta FX. Hadi Rudyatmo menerangkan, penyerahan berkas pendaftaran DPC PDIP Surakarta dilakukan serentak di kabupaten dan kota seluruh Indonesia. “Ini sudah perintah pusat,” kata dia.

Menurutnya, tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkan pendaftaran partai ke KPU Surakarta. “Lantarannya kami memang sering melakukan konsolidasi,” terang dia.

Rudy, demikian ia biasa disapa mengemukakan, saat ini jumlah anggota DPC PDIP Surakarta yang tercatat memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) resmi yakni sekitar 150 ribu orang. “Sedangkan untuk salinan KTA dan KTP elektronik yang diserahkan ke KPU sebanyak 663,” bebernya.

Ketua KPU Surakarta Agus Sulistyo menjelaskan, selama sembilan hari pendaftaran dibuka, baru ada dua partai di Surakarta yang menyerahkan berkas ke Kantor KPU Surakarta. Dua partai itu adalah Partai Perindo dan PDIP.

Namun demikian, baru satu parpol yang berkasnya dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Surakarta. “Sedangkan berkas Partai Perindo (yang mendaftar pada 9 Oktober lalu) masih kami minta melengkapi karena masih ada ketidaksesuaian dengan Sipol,” tutupnya.



(RRN)