Pengunjung Objek Wisata Pantai di Jepara Turun 70 Persen

Rhobi Shani    •    Jumat, 08 Dec 2017 13:29 WIB
cuaca buruk
Pengunjung Objek Wisata Pantai di Jepara Turun 70 Persen
Perahu wisata menuju Pulau Panjang bersandar di dermaga Pantai Kartini, Jepara, Jateng -- medcom.id/Rhobi Shani

Jepara: Jumlah pengunjung obyek wisata pantai di Kabupaten Jepara turun hingga 70 persen. Perubahan cuaca di laut menyebabkan sejumlah fasilitas objek wisata di sekitar pantai rusak diterjang ombak besar.

Manajer Objek Wisata Pantai Kartini Joko Wahyu Sutejo mengatakan penurunan kunjungan wisatawan mulai terjadi pada akhir November 2017. "Kalau kondisi laut buruk, pasti berpengaruh pada kunjungan wisatawan," kata dia di Jepara, Jawa Tengah, Kamis, 7 Desember 2017.

Menurut Joko, Pantai Kartini hingga saat ini tetap dibuka bagi wisatawan meski kondisi cuaca buruk. Namun, penyeberangan dari Pantai Kartini menuju Pulau Panjang ditutup.

"Meskipun dibuka, tidak ada pengunjung sama sekali. Baru hari ini mulai ada pengunjung," kata Joko sembari menunjuk bus wisata yang parkir di lokasi wisata.

Fasilitas obyek wisata yang rusak akibat diterjang ombak, di antaranya pagar pembatas yang berada di tepi pantai. "Sementara kami gotong royong menata kembali. Kalau untuk renovasi total, menunggu tahun depan," ungkap Joko.

Senada. Manajer Obyek Wisata Pantai Tirta Samudra Bandengan Mat Khoirum juga mengeluhkan turunnya jumlah wisatawan akibat cuaca buruk. "Sabtu dan Minggu biasanya ramai, sekarang jadi sepi. Apalagi hari-hari biasa, wisatawan paling hanya satu dua saja," bebernya.

Meski kunjungan wisatawan sedikit, lanjut Khoirum, pihaknya tetap menyiapkan tim keselamatan pantai. Tim ini bertugas mengawasi wisatawan yang beraktivitas di pantai maupun mandi di laut.

"Meski sepi pengunjung, pengawasan tetap kami lakukan sampai malam hari," pungkas Khoirum.


(NIN)