Yogyakarta Menunggu Kedatangan 3 Bakal Pasangan Daftar ke KPU

Patricia Vicka    •    Rabu, 21 Sep 2016 10:47 WIB
pilkada
Yogyakarta Menunggu Kedatangan 3 Bakal Pasangan Daftar ke KPU
Ilustrasi pilkada, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Tiga nama muncul sebagai bakal calon wali kota Yogyakarta. KPU Yogyakarta pun mempersilakan para bakal calon untuk mendaftar mulai 21 hingga 23 September 2016.

Ketiga nama yaitu Haryadi Suyuti, Syauqi Soeratno, dan Imam Priyono. Haryadi merupakan calon petahana. Ia mendapat dukungan dari Partai Golkar yang berkoalisi dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat.

Koalisi itu berbekal 15 kursi untuk mengusung Haryadi memenangkan Pilkada 2017. Namun Golkar dan koalisi belum menentukan nama calon wakil wali kota untuk mendampingi Haryadi.

"Kami akan melakukan komunikasi politik pada partai pengusung soal siapa yang akan mendampingi Haryadi," kata Ketua DPD Golkar DIY Agusnoor, Selasa (20/9/2016).

Nama Syauqi Soeratno direkomendasikan DPD Gerindra DIY untuk menantang calon petahana. Gerindra memasangkan Syauqi dengan Tomi Nursamsu dalam Pilkada 2017.

Sekretaris DPD Partai Gerindra DIY Dharma Setiawan mengatakan rekomendasi pada dua orang itu bertujuan menciptakan sesuatu yang baru pada kepemimpinan di Yogyakarta. Ia menilai sosok muda dan bervisi kuat pantas memenangkan Pilkada.

"Syauqi ini tokoh muda, dan baru di bidang politik praktis. Walau dia belum pernah ikut pileg tapi punya visi dan misi jelas bagaimana mengembalikan Yogyakarta dengan kemutakhiran yang sekarang," tutur Dharma.

Gerindra mengantongi lima kursi untuk mengusung pasangan tersebut. Gerindra kemudian berkoalisi dengan PPP yang memiliki empat kursi di DPRD Yogyakarta.  Namun Gerindra masih menunggu persetujuan dari DPP.

“Saya juga sudah bicara langsung dengan Romy (Romahurmuzy Ketua Umum DPP PPP) mengenai pasangan itu,” ujarnya.

Sementara itu PDI Perjuangan dan koalisi siap mengantar Imam Priyono-Achmad Fadli mendaftar ke KPU. Pasangan ini mendapat dukungan dari NasDem dan PKB. Total kursi untuk mendukung Imam-Achmad yaitu 16 kursi di DPRD Yogyakarta.



(RRN)