Karena Ganjar, Kasatlantas se-Jateng Komit Anti-Pungli

   •    Kamis, 06 Oct 2016 15:13 WIB
pungli
Karena Ganjar, Kasatlantas se-Jateng Komit Anti-Pungli
Petugas membantu warga mengisi formulir pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) online di Polres Klaten, Jateng. (Ant/Aloysius Jarot Nugroho)

Metrotvnews.com, Semarang: Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Herukoco mengumpulkan 35 kepala satlantas di polres jajaran. Mereka dimintai komitemen untuk tidak meminta pungutan liar alias pungli.

"Seluruh kasat kumpul, saya minta komitmennya untuk tidak meminta pungli terhadap pelayanan di Samsat maupun di tempat layanan SIM," kata Herukoco, dilansir Antara, di Semarang, Kamis (6/10/2016).

Baca: Gubernur Jateng Marahi Polisi Pungli di Kantor Samsat

Menurut dia, hal tersebut dilakukan menyusul temuan praktik pungli oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Praktik pungli ditemukan Ganjar saat inspeksi mendadak di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Magelang, kemarin.



Berkaitan dengan temuan di Magelang, lanjut dia, hal tersebut ditangani polres setempat.

"Kapolres yang ambil tindakan, memeriksa oknum yang bersangkutan," katanya.

Terjadinya pungli oleh oknum anggota kepolisian di Samsat maupun layanan pembuatan SIM, lanjut dia, menunjukkan ketidakmampuan manajerial pimpinan dalam mengendalikan anggotanya.

Anggota yang kedapatan pungli bakal mendapat berbagai sanksi. "Sanksi disiplin, bisa dipindah dari tempat tugasnya yang sekarang, bisa penundaan kenaikan pangkat," katanya.

Ia menegaskan kepolisian telah memiliki mekanisme pengawasan dalam mengendalikan kinerja anggotanya.


(SAN)