Hujan Lebat di Solo, Pohon Tumbang & Beberapa Wilayah Tergenang

Pythag Kurniati    •    Minggu, 02 Oct 2016 21:57 WIB
banjir
Hujan Lebat di Solo, Pohon Tumbang & Beberapa Wilayah Tergenang
Pohon tumbang akibat hujan lebat di Solo. (FOTO: MTVN/ Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Hujan deras mengguyur Kota Solo sejak siang tadi hingga menjelang malam hari. Hujan lebat tersebut mengakhibatkan sejumlah ruas jalan utama di Kota Solo tergenang air.

Salah satunya Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan protokol di Kota Solo tergenang air hingga sulit dilewati kendaraan. Begitu pula dengan Jalan Ronggowarsito dan Jalan Ir. Sutami.

Bahkan, air hujan telah masuk ke rumah warga yang berada di sejumlah titik seperti Kelurahan Joyotakan, Kelurahan Manahan dan Kelurahan Ketelan.

Tak hanya itu, hujan yang disertai angin kencang menyebabkan beberapa pohon  tumbang. Kepala Pelaksana Harian  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo Gatot Sutanto mengatakan dua lokasi pohon tumbang yakni di Jalan Menteri Supeno Manahan (depan Kantor Dishubkominfo) dan Jalan Yosodipuro.

"Kami segera meluncur ke lokasi dan melakukan pemotongan. Pasalnya di kawasan Manahan, pohon tumbang menimpa kabel dan merintangi jalan," ujarnya saat dihubungi Metrotvnews.com, Minggu (02/10/2016).

Mengingat hujan yang turun tak henti-tentinya hingga menjelang malam, BPBD menerjunkan empat tim untuk melakukan penyisiran serta memantau kondisi. 

"Ada sekitar 15 personel yang disebar ke beberapa titik kota dan 6 personel di beberapa posko," imbuh dia.

Sementara mengenai Tinggi Muka Air di Bengawan Solo, kata Gatot, saat ini tercatat 6,57 meter. "Artinya hingga pukul 18.00 WIB status siaga hijau," tutur Gatot. 

Namun, lanjut Gatot memastikan, saat ini air genangan mulai surut.


(SCI)