2 SSK Brimob Jateng Siaga di Lapas Nusakambangan

Liliek Dharmawan    •    Kamis, 17 May 2018 15:41 WIB
terorismekerusuhan penjara
2 SSK Brimob Jateng Siaga di Lapas Nusakambangan
Pintu masuk Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. (MI/Liliek darmawan)

Puwokerto: Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono masih menempatkan dua satuan setingkat kompi (SSK) atau sekitar 200 personel Brimob untuk menjaga Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah. Penjagaan dilakukan setelah ratusan narapidana teroris (napiter) dari Rutan Salemba cabang Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, dipindah ke Pulau Penjara usai kerusuhan dan penyanderaan.

"Sampai sekarang masih ada dan belum tahu sampai kapan ditempatkan di Pulau Nusakambangan. Jika dibandingkan sebelumnya, memang ada tambahan pengamanan. Selain itu, napiter ditempatkan di Lapas high risk dengan pengamanan super maximum security," tegas Condro di Purwokerto, Kamis, 17 Mei 2018. 

Perihal sejumlah teror yang terjadi beberapa waktu di Jawa Timur dan Riau, jenderal bintang dua itu meminta jajarannya untuk siaga. 

"Daerah mana saja harus siap, tidak ada pembedaan. Sebab, ancaman terorisme dapat terjadi di mana saja," ungkapnya.

Baca: Napi Teroris di Nusakambangan tak Bisa Berkomunikasi dengan Jaringan

Sebelumnya, Koordinator Lapas Nusakambangan yang juga Kalapas Batu Hendra Eka Putranto menegaskan, pengamanan di dalam dan di luar lapas diperketat. Salah satunya di pintu masuk ke Pulau Nusakambangan, Dermaga Wijayapura.  

"Di pintu masuk dermaga, ada penambahan 10 personel dari kepolisian dan TNI," ucap Hendra.

Hendra menuturkan, seluruh pengunjung atau pembesuk yang bakal masuk ke Pulau Nusakambangan akan detail. Khusus untuk napiter yang beberapa waktu lalu dipindahkan masih belum boleh dijenguk, karena masih proses asesmen. 

"Bahkan, pengunjung dilarang membawa makanan untuk para napi sebagai bagian dari antisipasi," bebernya.

Dia mengungkap, patroli keliling Pulau Nusakambangan juga diintensifkan. Patroli dilaksanalan oleh aparat Satuan Polisi (Satpol) Air Cilacap serta Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap.


(LDS)