Kanwil DIY Berencana Bangun Pos Observasi di Bantul

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 16 May 2018 08:49 WIB
Ramadan 2018
Kanwil DIY Berencana Bangun Pos Observasi di Bantul
Gapura menuju Pos Observasi Bulan Bukit Syech Bela-Belu di Dusun Grogol, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Medcom.id - Mustaqim

Bantul: Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil Kemenag DIY) berencana membangun Pos Observasi Bulan Bukit Syech Bela-Belu di Dusun Grogol, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Bukit Syech Bela-Belu menjadi lokasi pemantauan hilal menjelang bulan Ramadan hampir tiap tahun.

Sekretaris Badan Hisab Rukyat (BHR) Kanwil Kemenag DIY Jauhar Mustofa mengungkapkan lokasi yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter itu masih berupa ruang terbuka. Ruang terbuka itu telah dipagar permanen dan lantainya telah dicor.


(Lokasi Pos Observasi Bulan Bukit Syech Bela-Belu di Dusun Grogol, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Medcom.id - Mustaqim)

"Artinya tempat itu belum ada bangunannya. Masih terbuka," kata Jauhar di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa, 15 Mei 2018. 

Menurutnya, setiap ada kegiatan pemantauan hilal di lokasi itu diadakan dengan kondisi seadanya. Biasanya sebatas dengan pemasangan tenda. 

"Kalau ada kegiatan kita pasang tenda, ditambah dengan tikar," ujarnya. 

Rencana pembangunan itu akan dilakukan pada 2019. Adapun anggaran yang disiapkan sebesar Rp2 miliar. 

"Untuk fasilitas pemantauan bulan kami punya yang standar, karena saat pemantauan bulan kami melibatkan sejumlah kelompok dan lembaga," ungkapnya. 



(RRN)