BPOM Temukan Makanan Berformalin di Tegal

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 04 Jun 2018 19:09 WIB
makanan berbahaya
BPOM Temukan Makanan Berformalin di Tegal
BPOM Semarang melakukan sidak makanan di Pasar Pagi, Tegal, Jawa Tengah. Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Tegal: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Semarang menemukan beberapa makanan berformalin dan mengandung rhodamin (pewarna tekstil) saat inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Pagi Tegal, Senin, 4 Mei 2018. Bahan berbahaya tersebut ditemukan di lima jenis makanan berbeda.

"Ada lima bungkus yang disita di Kantor Pasar Pagi, Kota Tegal. Rinciannya tiga bungkus makanan mengandung rhodamin dan dua mengandung formalin," kata petugas BPOM Provinsi Semarang Sri Hartati, usai sidak.

Makanan yang mengandung formalin yakni teri nasi dan cumi kering. Sedangkan untuk rhodamin manisan pepaya dan kembang pacar.

Semuanya ditemukan di Pasar Pagi, Tegal. Sedangkan untuk ikan teri berasal dari Kabupaten Brebes.

Penindakan ke pedagang baru bersifat pemberitahuan dan imbauan. Alasannya, pedagang tidak tahu makanan yang dijualnya mengandung bahan berbahaya.

"Padahal semuanya merupakan bahan makanan yang berbahaya. Cuma masyarakat masih belum mengetahuinya," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Hari RS Wibowo meminta Dinas Kesehatan dan Dinas Diskop, UMKM dan Perdagangan Kota Tegal untuk mengintensifkan pengecekan makanan. Mengingat, lebaran tinggal dua minggu lagi.

"Akan kami intensifkan operasi pengecekan makanan bersama Dinkes dan Dinas Perdagangan. Agar hal ini dapat dicegah," ungkap dia.


 


(SUR)