Massa #SaveRohingya dari Klaten ke Magelang Diminta Balik Kanan

Pythag Kurniati    •    Jumat, 08 Sep 2017 11:57 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Massa <i>#SaveRohingya</i> dari Klaten ke Magelang Diminta Balik Kanan
Polisi memeriksa sejumlah pengguna jalan di jalan Solo-Yogya. Polisi memperingatkan massa yang bergerak menuju Masjid An-Nur untuk berbalik arah, Jumat, 8 September. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Klaten: Sejumlah personel kepolisian dan TNI bersiaga di Jalan Solo-Yogyakarta, tepatnya di perbatasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah dengan Sleman, DIY. Mereka memeriksa dan mengarahkan pengguna jalan yang hendak ikut aksi #SaveRohingya di Masjid An-Nur, Magelang, agar berbalik arah.

“Kita mengimbau pada masyarakat agar melaksanakan salat Jumat di tempatnya masing-masing,” ujar Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Indrajit, Jumat 8 September 2017.

Indrajit menjelaskan, pihaknya memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berniat ke Masjid An-Nur. Sehingga, banyak pengguna jalan yang sedianya berniat ikut aksi #SaveRohingya akhirnya memutuskan balik kanan.  Pihak keamanan beralasan, Masjid An-Nur memiliki kapasitas terbatas.

“Kasihan kalau semua ke Magelang, yang asli Magelang mau salat Jumat malah terganggu nanti,” terang dia.

Menurutnya, aksi pengamanan serupa untuk #SaveRohingya di Magelang dilakukan hampir di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Penyekatan gelombang massa yang bergerak menuju Magelang tidak hanya dilakukan di Klaten.

(Baca: Polisi Periksa Ketat Pengendara Tujuan Magelang)

Kegiatan aksi peduli Rohingya yang sedianya akan dilakukan di Candi Borobudur itu dipindah ke Masjid An-Nur, Magelang.  Ia menambahkan, merujuk Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Penyampaian Pendapat di Muka Umum, unjuk rasa tidak diperbolehkan digelar di tempat-tempat tertentu seperti misalnya, tempat ibadah dan objek vital nasional.

(Baca: Aksi Bela Rohingya Dipindah ke Masjid An-Nur)

Aksi peduli Rohingya di Masjid An-Nur pada Jumat, 8 September 2017 rencananya akan diawali dengan salat Jumat berjamaah. Kemudian istighasah, orasi serta penggalangan dana.
 


(SUR)