Propam Mabes Polri Turun Urus Kasus Penembakan Tegal

Mustholih    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:59 WIB
penembakan
Propam Mabes Polri Turun Urus Kasus Penembakan Tegal
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Djarod Padakova. Foto: MTVN/Mustholih

Metrotvnews.com, Semarang: Anggota Kapolresta Surakarta, Brigadir RE, diduga telah melanggar kode etik melepaskan tembakan ke warga saat tidak sedang bertugas. Divisi Profesi dan Pengamanan Kepolisian RI turun tangan langsung dalam menyelidiki kasus penembakan terhadap seorang nelayan, Warin (38), di depan Hotel Karlita, Tegal, Jawa Tengah, pada Kamis dini hari lalu.

"Dari Mabes sudah terjunkan Div Propam. Turunkan tim melakukan pemeriksaan anggota Polresta Surakarta yang melakukan penembakan di Kota Tegal," kata Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Djarod Padakova, Semarang, Jumat 29 September 2017.

Djarod tidak menjelaskan detail jumlah anggota Div Propam Mabes Polri yang diberangkatkan ke Tegal. Yang jelas, pemeriksaan terhadap Brigadir RE diselenggarakan di Polresta Tegal.

(Klik: Penembak di Tegal Baru Beberapa Bulan Bertugas di Polresta Surakarta)

Dia menyebut, Brigadir RE pada saat itu hendak melerai dua kelompok yang sedang bertikai. Situasi tidak terkendali. Pada saat itu RE sedang mengenakan pakaian preman.

"Dia sudah memberikan tembakan peringatan, tidak terkendali. Kemudian melepaskan tembakan ke warga yang sedang bertikai," tegas Djarod.

Ditegaskan Djarod bahwa proses penyelidikan pidana terhadap Brigadir E tetap berjalan. Saat ini, penyidik Polresta Tegal sedang menggali motif Brigadir E menembak Warin.

"Saat ini anggota sudah diamankan di Polresta Tegal sedang menjalani proses penyelidikan dan penyidikan dugaan pidana dan kode etik. Motif masih dalami," terang Djarod.

(Baca: Kapolda Jateng Minta Maaf atas Penembakan di Tegal)

Hasil pemeriksaan sementara, penembakan terjadi sekira pukul 03.00 WIB, Kamis, 28 September 2017. Penembakan terjadi di depan musala di halaman Hotel Karlita.

Korban dikenal bernama Warin, 38. Korban merupakan nelayan yang bertempat tinggal di Jalan Blanak, Kelurahan Tegalsari, Tegal Barat. Jenazah korban masih di Rumah Sakit Tegal.

Kejadian itu juga mengakibatkan satu warga terluka. Korban bernama Setyo Utomo mendapat perawatan akibat luka tembak.

(Baca: Satu Orang Tewas Ditembak di Halaman Hotel di Tegal)


(SUR)