Nasi Campur, Menu Makan Malam Obama usai Seharian Pelesiran

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 30 Jun 2017 08:21 WIB
obamayogyakartawisata jawa tengah
Nasi Campur, Menu Makan Malam Obama usai Seharian Pelesiran
Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama didampingi anaknya saat berkunjung ke Candi Borobudur. ANT/Anis Efizudin.

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama memilih nasi campur dengan lauk tahu dan tempe sebagai menu makan malam. Obama makan malam di Sasanti Resto Jogja usai seharian berwisata.

"Nasi campurnya dihidangkan kayak nasi tumpeng, ada nasi kuning, nasi merah, putih. Lalu dikelilingi beragam lauk khas dari Bali, Jawa, Padang, dan Sulawesi," kata pemilik Sasanti Reso Emmy Pratiwi saat ditemui di restorannya, Kamis, 29 Juni 2017.

Sang istri, Michelle Obama memesan nasi goreng kampung yang dihidangkan dengan campuran cabai, bawang merah, kerupuk, telur, dan daging ayam. Sedangkan, dua putri Obama memesan chicken salad.

Menurut Emmy, seluruh menu yang dipesan Obama dan rombongan merupakan menu biasa. "Yang di meja tadi juga ada yang memesan secangkir kopi tubruk," kata dia.

Emmy tak menduga restonya menjadi pilihan mantan orang nomor satu di Amerika. Ia mengaku mendapat kabar akan kedatangan Obama sekitar pukul 5 sore dan kepastian datang satu jam berselang.

Obama dan rombongan tiba di Sasanti Resto sekitar pukul 19.30 WIB. Meski mantan pejabat negara, kata Emmy, pelayanan Obama tidak dilakukan seperti tamu VVIP.
"Total menu yang dihabiskan (Obama dan rombongan) sekitar Rp3 juta," ujarnya.

Head Service Sasanti Resto, Annas Irfani menambahkan, tak ada pengecekan lebih dahulu sebelum Obama datang untuk makan malam. Biasanya, lanjutnya, jelang kedatangan tamu VVIP dilakukan pengecekan keamanan dan kesehatan makanan lebih. Ia merujuk pada sejumlah pejabat negara yang pernah makan di sana, seperti Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, Susilo Bambang Yudhoyono, BJ Habibie, hingga KH Abadurrahman Wahid alias Gus Dur.

"Malah dapur kami baru dilihat setelah Obama selesai makan. Infonya Obama minta rekomendasi makanan ke pihak hotel," ucapnya.

Rombongan Obama selama dua hari, Rabu-Kamis, 28-29 Juni 2017, berwisata ke sejumlah lokasi. Seperti di Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Puncak Becici di Bantul. Sementar, dua putri Obama juga berwisata di Tamansari. Rencananya, Obama bakal bertolak ke Bogor, Jawa Barat untuk bertemu Presiden Joko Widodo pada Jumat, 30 Juni 2017.


(DRI)