Tiga Nama Belum Kembalikan Berkas Pendaftaran Calon Bupati Kudus

Rhobi Shani    •    Jumat, 28 Jul 2017 11:27 WIB
pilkada 2018
Tiga Nama Belum Kembalikan Berkas Pendaftaran Calon Bupati Kudus
Ketua DPRD Kudus, Masan (tengah), salah satu nama yang mengambil berkas pendaftaran bakal calon Bupati Kudus, TVN - Rhobi

Metrotvnews.com, Kudus: Batas pengambilan dan pengembalian formulir bakal calon bupati Kudus 2018 – 2023, PDI Perjuangan tinggal sehari. Sampai Jumat 28 Juli 2017, tiga nama yang mengambil formulir. Namun mereka belum mengembalikan berkas pendaftaran.
 
Setelah mengembalikan formulir pendaftaran di DPC PDI Perjuangan Kudus, selanjutnya bakal calon akan menjalani tes sebanyak dua tahap di  DPP PDI Perjuangan. Keputusan siapa yang akan mengantongi rekomendasi untuk maju calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus, sepenuhnya ada ditangan DPP PDI Perjuangan.
 
“Tapi tentunya DPC juga dimintai pertimbangan,” ujar Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus, Ahmad Yusuf Roni, Jumat 28 Juli 2017.
 
Yusuf bilang, tiga nama yang sudah mengambil formulir yaitu Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Masan, pengusaha Umar Ali, dan  Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten, Sumiyatun.
 
“Yang sudah konfirmasi mau mengembalikan formulir hari ini Pak Umar, tapi belum tahu pastinya jam berapa,” kata Yusuf.
 
Sesuai instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati dan peraturan rekruitmen calon kepala daerah, ditambahkan Yusuf, partai berlambang kepala banteng moncong putih itu akan mengutamakan kader partai. Dari tiga nama itu, hanya Masan yang tercatat sebagai kader partai. Masan saat ini menjabat Ketua DPRD Kudus juga Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus.
 
“Keputusan nanti kepada siapa ada di tangan DPP. Semua punya peluang yang sama,” ungkap Yusuf.
 
Di DPRD Kabupaten Kudus, PDI Perjuangan memiliki 9 kursi. Dengan begitu, PDI Perjuangan dapat mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi.
 
“Kemudian dari tiga nama nanti apakah akan dipilih dua sebagai calon bupati dan wakilnya, kami juga tidak tahu,” ujar Yusuf.
 
Sementara, Masan mengaku optimistis bakal mendapatkan rekomendasi dari DPP untuk mengikuti kontestasi pilihan kepala daerah. Berkas-berkas persyaratan pun sudah disiapkan.
 
“Harus optimistis. Berkas akan segera dikembalikan bersama formulir. Saya memang sudah siap,” tandas Masan. 


(RRN)