Besaran Kenaikan Gaji DPRD Menunggu Perbup

Rhobi Shani    •    Kamis, 27 Jul 2017 11:29 WIB
dprd
Besaran Kenaikan Gaji DPRD Menunggu Perbup
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jepara: Gaji anggota DPRD Jepara dipastikan naik tahun ini. Hal itu seiring disetujuinya Perda tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD.
 
Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, belum dapat menyebutkan jumlah besarnya kenaikan gaji anggota dewan. Saat ini, sekretariat DPRD Jepara masih menunggu peraturan bupati berkait dengan kenaikan gaji tersebut.
 
Sekertaris DPRD Kabupaten Jepara Mas’ud menyampaikan, ada tiga komponen yang menyebabkan gaji anggota dewan naik. Yaitu, adanya tunjangan transportasi, jumlah tunjangan komunikasi intensif (TKI) bertambah, dan anggaran reses.
 
“Kenaikannya normatif sesuai aturan. Kami belum tahu naiknya berapa karena masih menunggu Perbup,” ujar Mas’ud, Kamis 27 Juli 2017.
 
Mas’ud bilang, gaji anggota DPRD Kabupaten Jepara saat ini menerima gaji sebesar Rp18 juta. Gaji tersebut meliputi uang represntatif, tunjangan jabatan, tunjangan alat kelengkapan, tunjangan perumahan, dan Tunjangan Komunikasi Intensif.
 
Ketua DPRD Jepara Junarso mengungkapkan, kenaikan gaji ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017. Menurutnya, didalam peraturan tersebut pemerintah daerah yang belum bisa memberikan mobil kepada anggota DPRD, maka harus memberikan uang tunjangan transportasi.
 
“Kami belum bisa memberikan besaran berapa persen kenaikan gaji yang kita terima. Hal itu nanti mengacu pada peraturan teknis, mengacu ke peraturan daerah sembari menunggu permendagri,” ujar Junarso.
 
Setelah gaji naik, Juarso menegaskan, pihaknya akan lebih fokus menerapkan fungsi kontrol terhadap pemerintah daerah. Khususnya di bidang pelayanan.
 
“Bukan berarti menomorduakan fungsi lainnya. Namun kita ingin fungsi kontrol yang dilakukan oleh DPRD betul-betul bisa dilaksanakan sebagai sinergitas eksekutif dan legislatif,” tandas Junarso.
 


(ALB)