Hanya 27,54 % Warga Kendal Dinyatakan Keluarga Sehat

Iswahyudi    •    Senin, 13 Nov 2017 20:01 WIB
kesehatan
Hanya 27,54 % Warga Kendal Dinyatakan Keluarga Sehat
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com.Kendal: Dalam  rangka hari kesehatan nasional (HKN)  di Kabupaten Kendal,  Jawa Tengah, baru  27,54 persen warganya  dinyatakan  sebagai keluarga  sehat. Kebanyakan keluarga di Kendal masuk kategori prasehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal Sri Mulyani mengakui 66,74% warga di Kendal berada dalam kualifikasi prasehat. Sementara 5,72% lainnya dinyatakan masuk keluarga tidak sehat.

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya, kepemilikan dan akses jamban keluarga serta adanya anggota keluarga yang masih merokok.

Untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga di Kendal, Pemkab mencanangkan Kendal bebas buang air besar sembarangan (ODF) pada 2018 lewat program 100 % jamban di tiap keluarga.

"Hal tersebut sesuai  dengan  program pemerintah  tentang  Bebas  Buang Air besar Sembarangan" kata  Sri mulyani Senin 13 November 2017.

Kasi  kesehatan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal  Srihandoyo mengatakan  pencanangan bebas ODF sudah dilakukan  sejak tahun  2017 awal dengan  cara  sosialisasi terhadap  warga. Dari  268 desa di Kabupaten Kendal , baru  75 desa  dinyatakan bebas ODF.

Dari  75 desa, baru dua kecamatan  yang  dinyatakan  100 % bebas ODF, yakni Kecamatan  Ngampel dan  Pageruyung.

Sri Handoyo berharap, masyarakat dapat menggunakan anggaran dana desa dan CSR perusahan yang ada di Kendal untuk program ini.

Untuk mengurangi asap rokok, Pemkab akan membuat regulasi tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Karen dengan berkurangnya satu keluarga yang merokok, dapat mempengaruhi status kesehatan keluarga.

Di samping itu, Perda KTR juga ditujukan untuk menekan dan mengurangi jumlah perokok pemula usia 10-18 tahun. Udara yang bersih dan sehat bagi warga bukan perokok juga menjadi target aturan tersebut.


(SUR)