KSAU Lantik 187 Perwira TNI AU

Pythag Kurniati    •    Selasa, 21 Nov 2017 13:55 WIB
tni au
KSAU Lantik 187 Perwira TNI AU
Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Solo: Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melantik 187 perwira baru asal Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) TNI Angkatan Udara. Pelantikan dilakukan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar, Jawa Tengah.

KSAU mengungkapkan, perwira-perwira tersebut harus siap ditempatkan di lanud-lanud yang dikembangkan TNI Angkatan Udara. "Termasuk lanud-lanud terluar," ujar Hadi di Lanud Adi Soemarmo, Selasa, 21 November 2017.

Hal tersebut sejalan dengan kebijakan Panglima TNI dalam upaya mengembangkan lanud terluar seperti di Ranai, Morotai, Biak, Selaru dan Merauke. "Para perwira yang dilantik harus siap mengawaki lanud-lanud terluar itu," kata dia.

Pemenuhan postur personel di tubuh TNI AU, lanjut dia, juga sebagai bentuk kesiapan mengimbangi pengembangan alutsista. "Pelantikan perwira baru ini sejalan dengan datangnya alutsista baru pada rencana strategis (renstra) kedua," papar Hadi.

Beberapa diantaranya yakni 11 Sukhoi 35, Hercules tipe baru dan penambahan radar. "Dari 20 radar eksisting kita, akan ditambah lagi 12, menjadi 32," urainya. Sehingga sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni.

Menurutnya, keberhasilan pelaksanaan tugas Angkatan Udara sangat ditentukan oleh kualitas kesiapan operasional. Adapun hal tersebut adalah perpaduan antara unsur sumber daya manusia, alutsista serta sistem dan perangkat lunak pendukung.

KSAU, saat pelantikan berpesan agar para perwira baru mengingat tantangan tugas di masa depan yang semakin kompleks. "Dibutuhkan sikap inovatif dan kreatif," kata dia.


(ALB)