Gending Ketawang Puspawarna Berbunyi Menandakan Paku Alam Bertahta

Patricia Vicka    •    Rabu, 11 Oct 2017 18:32 WIB
Gending Ketawang Puspawarna Berbunyi Menandakan Paku Alam Bertahta
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam C disambut dengan doa dan salaman oleh abdi dalam, MTVN - Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ratusan abdi dalem menggelar syukuran menyambut kedatangan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X. Gending Ketawang Puspawarna pun memeriahkan acara yang berlangsung di kediaman Paku Alam X di Pakualaman, Yogyakarta, Rabu 11 Oktober 2017.

Sekira pukul 15.30 WIB, abdi dalem berjejer di depan Pakualaman. Mereka menyambut kedatangan Paku Alam yang baru tiba di kediamannya. Satu per satu mereka menyalami Paku Alam yang baru dilantik menjadi Wagub DIY itu.

Penghageng Urusan Pambudaya KPH Kusumo Parastho mengatakan penyambutan ini dilakukan secara spontan. Acara baru dipersiapkan pagi tadi. 

"Acaranya mendadak diadakan. Ini ucapan syukur kami sekaligus simbol kami turut merasakan bahagia dengan pelantikan PA X," kata Kusumo di Puro Pakualam X.

Bebunyian gamelan dalam Gending Ketawang Puspawarna memeriahkan acara penyambutan. Kusumo mengatakan gending dimainkan hanya untuk menyambut adipati Paku Alam bertahta. Gending mengandung makna keindahan warna.

Kristina Hari Arsih, warga Yogyakarta, turut mengikuti acara penyambutan. Ia turut memberikan ucapan selamat pada Paku Alam.

Kristina mengaku sebagai teman se-SMA dengan Paku Alam yaitu SMA 1 Teladan Yogyakarta. Ia mendapat informasi mengenai kegiatan itu dari pesan berantai di grup sekolahnya.

Kristina menyampaikan harapan untuk Paku Alam. Salah satunya menghidupkan kembali budaya Jawa di Yogyakarta.

"Misalnya dengan mengajak masyarakat untuk kembali berpakaian sesuai dengan budaya Jawa. Seperti di di pedesaan Bali di mana masyarakatnya masih sering memakai kebaya tradisional dan ikat kepalanya. Ini akan menjadikan ciri khas dan daya tarik bagi wisatawan di Yogyakarta," tutur warga kota Yogyakarta ini.

Pelantikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X, berlangsung kemarin di Istana Negara Jakarta. Presiden Joko Widodo yang memimpin upacara pelantikan.
(RRN)