Menhub Ancam Cabut Izin Pilot Berkasus Narkoba

Mustholih    •    Minggu, 31 Dec 2017 11:38 WIB
narkobapenerbangan
Menhub Ancam Cabut Izin Pilot Berkasus Narkoba
Menhub Budi Karya. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Semarang: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengancam akan mencabut izin terbang pilot maskapai yang mengonsumsi narkotika. Budi Karya menyatakan pilot harus mendapat hukuman setimpal berdasarkan kesalahan yang diperbuat di dunia penerbangan.

"Kalau benar itu terjadi, tidak ada jalan lain kecuali cabut sertifikat," kata Budi Karya di Museum Kereta Api Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, 30 Desember 2017.

Informasi terbaru didapatnya terkait kasus AK (pilot maskapai Citilink) dan AS (pilot maskapai Malindo Air) yang ditangkap di Bandara Hang Nadiem, Batam. Unsur pidana yang dilanggar pilot diserahkan ke aparat penegak hukum. Namun maskapai tempat pilot bekerja juga akan dievaluasi.

(Baca: Pilot Citilink Positif Konsumsi Sabu)

Walau demikian, Budi Karya berharap kasus ini tidak mengurangi kepercayaan masyarakat ke maskapai. Dia juga tidak ingin penegakkan hukum tak menyeret nasib maskapai.

"Maskapai kita akan evaluasi. Tadi bersama Pak Budi Waseso, kita akan buat format agar kalau mau menembak tikus kita tidak membakar rumahnya," jelas Budi Karya membuat ibarat.

Kasus pilot mengonsumsi narkotika bukan cerita baru. Di dunia penerbangan internasional, kasus serupa juga pernah terjadi. Jajarannya akan membuat skema agar tidak terjadi hal serupa.

Rencananya, Kementerian Perhubungan bakal membuat kajian tentang gaya hidup dalam dunia penerbangan khususnya pilot. "Kita akan buat barikade agar itu tidak ada lagi," tegas Budi Karya.

(Baca: Pilot Malindo Air Ditangkap Bawa 1,9 Gram Sabu)
 


(SUR)