Ratusan Warga `Menyerbu` Kejari Kendal

Jaenal Mutakin    •    Senin, 30 Oct 2017 16:39 WIB
unjuk rasa
Ratusan Warga `Menyerbu` Kejari Kendal
Ratusan warga Kecamatan Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah menggeruduk Kejaksaan Negeri Kendal -- MTVN/Jaenal Mutakin

Metrotvnews.com, Kendal: Ratusan warga Kecamatan Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah menggeruduk Kejaksaan Negeri Kendal. Massa menuntut keadilan atas kasus penipuan dengan terdakwa seorang pengacara.

"Kami datang dari gunung untuk menuntut keadilan. Masa seorang penipu hanya dihukum 10 bulan, lebih berat hukuman mencuri ayam," Supriyanto, koordinator aksi, Senin 30 Oktober 2017.

Dengan membawa poster dan spanduk, massa berjalan kaki dari Alun-alun Kendal ke Kejari Kendal. Mereka ingin Kejari Kendal lebih adil dalam menjatuhkan tuntutan.

"Mana keadilan? Jangan hanya karena terdakwa seorang pengacara, tuntutan JPU hanya 10 bulan. Itu sama saja dengan maling sandal. Padahal, kerugian akibat perbuatan terdakwa mencapai miliaran rupiah," ujar Supriyanto.

Menurut Supriyanto, tuntutan jaksa telah melecehkan rasa keadilan. Sementara, dampak dari perbuatan terdakwa membuat korban yang kini menjadi anak yatim makin sengsara.

Kepala Kejari Kendal Yudi Hendarto menanggapi, jaksa telah melakukan kajian dan berkordinasi dengan pihaknya sebelum menjatuhkan tuntutan. Sesuai dengan alat bukti yang ada dan pasal yang dikenakan, terdakwa dijatuhi hukuman badan 10 bulan.

"Karena bukti yang memberatkan tersangka tidak ada, maka putusan sesuai dengan barang bukti," kata Yudi.


(NIN)