Warga Semarang Bisa Berobat Gratis tanpa BPJS Kesehatan

Mustholih    •    Rabu, 01 Nov 2017 14:37 WIB
kesehatan
Warga Semarang Bisa Berobat Gratis tanpa BPJS Kesehatan
ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Semarang: Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah, membuat terobosan layanan kesehatan. Biaya berobat bagi warga Kota Semarang kini ditanggung Pemerintah setempat tanpa harus mengantongi asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

"Ini untuk seluruh masyarakat Kota Semarang. Tidak terbatas hanya untuk warga miskin saja," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 1 November 2017.

Layanan ini resmi berlaku efektif per hari ini Selasa 1 November 2017. Pemkot Semarang memasukkan terobosan layanan kesehatan ini lewat program universal health coverage (UHC)

Dengan program ini, Pemkot Semarang nantinya yang bakal membayarkan tagihan asuransi BPJS Kesehatan warga. Menurut Hendrar, dengan program UHC, semua warganya bisa berobat gratis di rumah sakit pemerintah dan swasta. 

"Syaratnya hanya Kartu Keluarga dan KTP Semarang, serta bersedia mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di Puskesmas Kota Semarang dan rumah sakit kelas tiga, itu saja," ujar Hendrar seraya menegaskan bahwa ibu bersalin juga bisa mendapat layanan kesehatan ini.

Hendrar menginisiasi program ini karena ingin masyarakat di Kota Semarang tidak terbebani oleh biaya pengobatan di rumah sakit. "Yang bisa mengikuti program UHC ini adalah warga Semarang yang sedang sakit di rumah sakit tapi tidak memiliki BPJS, atau punya BPJS tapi menunggak," ungkap Hendi, sapaan akrabnya.


(ALB)