Yogyakarta Luncurkan Batik Motif Baru Diperayaan HUT ke-261

Patricia Vicka    •    Minggu, 08 Oct 2017 06:00 WIB
hut kota yogyakarta
Yogyakarta Luncurkan Batik Motif Baru Diperayaan HUT ke-261
Walikota jogja Haryadi Suyuti (paling kanan) mengenakan batik ceplok segoro amarto di HUT ke 261 Kota Yogyakarta. (MTVN/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Puncak perayaan HUT ke 261 Kota Yogyakarta turut disemarakkan dengan peluncuran resmi batik motif Ceplok Segoro Amarto.

Peluncuran batik khas Kota Yogyakarta ini dilakukan oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti. Ia meluncurkan batik Ceplok Segoro Amarto saat acara pembukaan Wayang Jogja Night Carnival di Tugu Yogyakarta, Sabtu 7 Oktober 2017.   

Haryadi Suyuti menjelaskan batik Ceplok Segoro Amarto mengandung filosofi untuk menjaga wibawa dan menjunjung tinggi derajat manusia. "Pemerintahan yang bisa bertindak adil memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan penuh wibawa sehingga tercipta kesejahteraan masyarakat dan menjaga keharmonisan hidup," kata Haryadi saat memberi kata sambutan di pembukaan Wayang Jogja Night Carnival 2017.

Batik motif Ceplok Segoro Amarto diciptakan untuk mendukung dan memperkuat semangat gotong royong warga Yogyakarta. Juga sebagai simbol ajakan pada masyarakat Indonesia untuk bisa menggelorakan kembali semangat gotong royong.

Motif Ceplok Segoro Amarto merupakan perpaduan dari berbagai motif batik yang sudah dikenal di antaranya gurdo, parang, truntum, kawung, semen dan logo gunungan Segoro Amarto.

Batik ini pertama kali muncul dari perlomba design batik oleh Dewan Kerajinan DIY tahun 2015. Para PNS di Kota Yogyakarta diwajibkan mengenakan motif batik ini sebagai seragam kerja mereka setiap Selasa dan Kamis. Namun pemerintah Kota Yogyakarta baru resmi meluncurkan dan memperkenalkan batik Ceplok Segoro Amarto kepada umum pada puncak HUT ke 261 ini.

Demi mempromosikan batik motif baru, Haryadi Suyuti pun memberikan kain batik kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarga. Kain batik juga diberikan kepada beberapa kepala daerah lain yang hadir saat Wayang Jogja Night Carnival 2017.

Dalam acara HUT 261, Haryadi Suyuti turut  mengajak seluruh warga Yogyakarta untuk bersama-sama membangun kota Yogyakarta menjadi lebih baik lagi. Juga mengajak warga untuk tetap melestarikan budaya dan alam di Yogyakarta agar nyamam untuk ditempati. 

Wayang Jogja Night Carnival 2017 disemarakkan dengan penampilan tarian dan atraksi budaya dari warga di 14 Kecamatan di Kota Yogyakarta. Warga beramai-ramai menampilkan kostum serta mobil hias bertema tokoh wayang seperti Nakula, Sadewa dan Karno dalam karnaval yang digelar disepanjang jalan Jendral Sudirman. Wayang karnaval dimulai pukul 18.00 wib hingga 21.00 wib.


(LDS)