Lima Parpol di Kulon Progo Belum Lolos Verifikasi

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 17 Nov 2017 14:43 WIB
pemilu serentak 2019
Lima Parpol di Kulon Progo Belum Lolos Verifikasi
Ilustrasi

Kulon Progo: Sebanyak lima partai politik (parpol) di Kabupaten Kulon Progo belum lolos verifikasi. Data kenggotaan parpol yang bersangkutan belum memenuhi batas minimum sebagai salah satu syarat ikut pemilu 2019.

Komisioner Komisi Pemolihan Umum (KPU) Kulon Progo Divisi Perencanaan dan Informasi, Sumber Daya Manusia, dan Organisasi Marwanto menyebut lima parpol yang belum memenuhi batas minimum keanggotaan, yakni Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Hanura, dan Berkarya.

"Data (parpol) tidak memenui syarat karena ada data ganda dan data tidak valid," kata Marwanto di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, 17 November 2017.

Sementara itu, berkas sembilan parpol lain sudah memenui batas minimum keanggotaan. Sembilan parpol tersebut, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, Gerindra, Demokrat, PDI Perjuangan, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Menurut Marwanto, 14 parpol yang mendaftar ke KPU Kulon Progo untuk Pemilu 2019 memiliki peluang lolos semua. Tergantung perbaikan berkas kekurangan data keanggotaan.

"Tapi memang lolos tidaknya parpol bukan ranah KPU Kulon Progo," ungkapnya.

Ketua KPU Kulon Progo Isnaini menambahkan, hasil verifikasi kekurangan data tersebut mulai disampaikan ke masing-masing pengurus parpol. KPU memberikan tenggat waktu 18 November-1 Desember untuk memperbaki kekurangan.

Pada verifikasi data ganda, KPU akan mendatangi warga terkait data keanggotaan yang diberikan ke parpol yang bersangkutan. KPU menjamin semua kerahasiaan data.

"Kami akan datangi satu per satu dan menanyakan sebenarnya suara mereka itu mau diberikan ke parpol yang mana, partai A atau B. Kerahasiaan data akan kami jamin dari parpol," ungkapnya.


(NIN)