Presiden Jokowi akan Tanam 45 Ribu Pohon di Bukit Karst

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 09 Dec 2017 10:48 WIB
lingkungan
Presiden Jokowi akan Tanam 45 Ribu Pohon di Bukit Karst
Lokasi penanaman pohon di Gunungkidul. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Gunungkidul: Presiden Joko Widodo bersama 3.000 warga Gunungkidul, Yogyakarta, akan menanam puluhan ribu pohon, di perbukitan Karst di Desa Karang Asem, Kecamatan Ponjong pada Sabtu, 9 Desember 2017. Penanaman puluhan ribu pohon itu dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). 

Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar mengatakan, ada sebanyak 45 ribu pohon yang akan ditanam. Penanaman dilakukan di lahan seluas 15 ribu hektare. 

"Bersama 3.000 orang penanaman dilakukan di lima perbukitan karst," ujar Menteri Siti di lokasi penanaman pohon.

Sejumlah jenis pohon yang ditanam di antaranya jati, jambu air, jamblang, serta akasia. Menurutnya, penanaman lahan di kawasan karst yang unik memerlukan pendampingan khusus. Pendampingan itu dilakukan dengan disertai teknologi tepat guna. 

"Nantinya akan menggunakan teknologi aqua soft teknologi, memberi material menyerap air dan memberi air. Kira-kira selama tumbuh, selama enam bulan teknologinya ditaruh," katanya. 

Ia berharap penanaman pohon nantinya bisa memotivasi berbagai lapisan masyarakat. Pada Agustus lalu, kata dia, Presiden Jokowi telah mengajak masyarakat untuk menanam pohon seumur hidup sebanyak 25 batang. 

"Mulai dari anak SD, SMP, SMA, kuliah, sampai mau menikah. Kalau kita lihat progresnya dari tahun ke tahun inisiatif masyarakat semakin meningkat," jelasnya. 

Menteri Siti menambahkan, sejak 2014 hingga 2016, sudah ada sekitar 5 miliar pohon di lahan 4,22 juta hektar. Sementara, di 2017 masih berjalan sejak Presiden Jokowi menetapkan penanaman pohon pada Agustus lalu. "Catatannya sudah sekitar 2,78 juta (pohon)," kata dia.


(ALB)