Tim Gegana Polda DIY Sisir 19 Gereja di Sleman

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 23 Dec 2017 23:08 WIB
natal dan tahun baru
Tim Gegana Polda DIY Sisir 19 Gereja di Sleman
Penyisiran Tim Gegana di Gereja St. Aloysius Gonzaga Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Sleman: Tim Gegana Brimob Polda Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan penyisiran kondisi gereja jelang perayaan Natal. Penyisiran gereja dilakukan di sejumlah lokasi di Kabupaten Sleman, Sabtu 23 Desember 2017. 

Kasubden Penjinak Bom Detasemen Gegana Polda DIY, AKP Suripto mengatakan, ada 19 gereja yang disisir untuk memastikan keamanannya. 10 gereja di antaranya berada di Sleman bagian barat, sementara sisanya gereja di Sleman bagian timur. 

"Pengamanan ini mengantisipasi ancaman handak (bahan peledak)," kata Suripto saat penyisiran di Gereja St. Aloysius Gonzaga Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. 

Ia mengatakan ada dua tim yang melakukan penyusuran lingkungan gereja-gereja. Tiap tim berisikan anggota Brimob Polda DIY ditambah anggota Polres Sleman dan Polsek setempat. 

Penyisiran dilakukan memakai alat metal detektor, pendeteksi ranjau, pendeteksi bahan peledak, dengan tambahan alat bantu visual. "Pengamanan dilakukan hingga perayaan natal," ujar dia.

Dalam penyisiran tersebut, tak ditemukan potensi ancaman. Meski demikian pihaknya tetap mengantipasi jika ada potensi ancaman benda mencurigakan. 

"Kondisi kondusif. Keamanan tak hanya soal bahan peledak, tapi antisipasi terorisme juga," jelas dia.


(SCI)