Kampung Halaman SBY Terdampak Siklon Tropis Cempaka

Pythag Kurniati    •    Kamis, 30 Nov 2017 14:06 WIB
siklon tropis cempaka
Kampung Halaman SBY Terdampak Siklon Tropis Cempaka
SBY saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Kamis, 30 November 2017.

Boyolali: Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meninjau tempat asalnya di Pacitan, Jawa Timur. Seperti diketahui, kampung halaman SBY itu menjadi salah satu daerah yang paling terdampak Siklon Tropis Cempaka. 

Bahkan, SBY mendapat informasi desa asalnya juga terdampak bencana. Desa tersebut yakni Desa Ploso di Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. 

"Yang jelas tempat saya dibesarkan, Desa Ploso, Pacitan, sudah kena. Saudara-saudara saya sebagian juga diungsikan. Saya ingin lihat langsung nanti," kata SBY, Kamis, 30 November 2017. 

SBY mengaku terus-menerus mengikuti perkembangan situasi di Pacitan melalui media. "Kita semua tahu, kali ini luar biasa bencana di Pacitan. Sebab, pusat Siklon Cempaka dekat dengan Pacitan," urai dia.

SBY dan keluarganya pun memutuskan mengunjungi Pacitan hingga tiga hari ke depan. "Saya ingin datang membantu Pak Bupati dan semua yang ada di Pacitan mengatasi bencana ini," paparnya.

Selain akan memantau situasi bencana di Pacitan, SBY juga akan memberikan bantuan. "Saya akan melihat langsung nanti barangkali ada yang bisa dibantu oleh The Yudhoyono Foundation untuk meringankan beban saudara-saudara kita," bebernya.

SBY tiba di Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 12.00 WIB. SBY tiba bersama Any Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas). Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyusul tiba di Bandara Adi Soemarmo siang nanti.

Dari Bandara Adi Soemarmo Boyolali, rombongan SBY menuju ke Pacitan, Jawa Timur, melalui jalur darat.


(ALB)