ASN Kemenag Pekalongan jadi Kurir Sabu

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 13 Oct 2016 17:45 WIB
kasus narkoba
ASN Kemenag Pekalongan jadi Kurir Sabu
Gelar perkara kasus narkoba di Polres Pekalongan Kota, Jawa Tengah, Kamis (13/10/2016). (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Seorang aparatur sipil negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Pekalongan, Jawa Tengah, diringkus Satuan Narkoba Polresta Pekalongan, Kamis 13 Oktober, dini hari. 

Mohamad Nurul Huda, 43, warga Kelurahan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat, ditangkap saat akan mengantarkan sabu di depan sebuah minimarket di Jalan KH Masmansyur, Kota Pekalongan.

"Pelaku sedang menunggu seseorang. Di saku celananya ditemukan dua paket sabu seberat kira-kira 2 gram, terbungkus plastik klip,” kata Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Enriko Sugiharto Silalahi, saat gelar perkara di halaman Mapolres Pekalongan Kota.

Enriko mensinyalir Nurul Huda merupakan kurir. Karenanya, polisi terus mengembangkan kasus ini. Selain kurir, tersangka juga merupakan pemakai, karena hasil tes urine, menunjukkan hasil positif.

“Kasusnya masih kita kembangkan, karena barang bukti yang kami amankan ini lumayan banyak, masih kita kejar siapa pemasok dan pemesannya,” tambahnya.

Sementara itu, tersangka mengaku hanya pengguna. Dia bilang, sudah lama berhenti sebagai pemakai.

"Baru Rabu (13/10) malam itu makai lagi di rumah, karena dikasih teman. Tapi diminta mengantarkan pesenan orang," ujarnya.

Menurut staf bagian umum Kemenag Kota Pekalongan itu, sabu yang dibawanya seberat 2 gram dan dikemas dalam dua bungkus plastik bening. Satu paket sabu untuk digunakannya sendiri.

"Aslinya itu satu paket, tapi dibagi dua. Saya dapat satu bagian dan saya gunakan di rumah. Satu lainnya itu pesanan orang. Total 2 gram itu harganya sekitar Rp1,3 juta," terangnya.

Pelaku saat ini meringkuk di tahanan Polres Pekalongan Kota. Pelaku akan dikenai Pasal 114 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal lima tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.


(SAN)