3 Perguruan Tinggi di Yogyakarta Lakukan Aksi Nyata Toleransi antar Umat Beragama

M Studio    •    Selasa, 08 Nov 2016 18:58 WIB
beasiswa osc
3 Perguruan Tinggi di Yogyakarta Lakukan Aksi Nyata Toleransi antar Umat Beragama
Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Universitas Sanata Dharma berkunjung ke Pondok Pesantren Lintang Songo (Foto:Dok)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Indonesia dikenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama. Namun akhir-akhir ini, terjadi konflik antar umat beragama. Hal ini sangat disayangkan.

Sebagai bentuk kepedulian akan Bhinneka Tunggal Ika, mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Yogyakarta tergerak untuk melakukan aksi nyata menunjukkan toleransi antar umat beragama di Indonesia.

Ketiga perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga), dan Universitas Sanata Dharma (USD), melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Lintang Songo (PP Lintang Songo), Bantul, pada Sabtu pagi, 5 November 2016.

Dipilihnya PP Lintang Songo bertujuan agar mahasiswa mengenal lebih dekat kehidupan santri di pesantren, termasuk kegiatan mereka sehari-hari.

Kegiatan kunjungan yang mengambil tema "Indonesia Satu Tak Sebatas Kata" dan diikuti sekitar 50 mahasiswa itu diawali dengan penjelasan mengenai sejarah berdirinya PP Lintang Songo oleh Kiai Drs. H. Heri Kuswanto M.Si sebagai Pengasuh PP Lintang Songo.

Pondok pesantren yang berlokasi 15 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini memiliki beberapa program yang ditawarkan. Selain ilmu agama, PP Lintang Songo membekali santrinya dengan ilmu pengetahuan umum seperti kehutanan, pertanian, perikanan, peternakan, perkoperasian, dan lain sebagainya.

Semua program tersebut dijalankan secara rutin oleh para santri dan warga di seputar lokasi pesantren. Keterbukaan pesantren ditunjukkan dengan banyaknya menerima tamu dari mancanegara yang tertarik mengetahui kehidupan pesantren.

"Kami berterima kasih atas kunjungan dari para mahasiswa tiga perguruan tinggi, UKDW, UIN Sunan Kalijaga, dan USD. Semoga ada kelanjutan dari kunjungan ini dengan kerja sama di bidang lain. Kegiatan ini menjadi contoh aksi damai di tengah konflik antar umat beragama," ucap Kiai Heri, di sela-sela dialog bersama mahasiswa.

"Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan selalu kritis menanggapi permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia, mampu bersikap positif, serta tidak mudah terpancing isu-isu yang belum pasti kebenarannya," ujar Pdt. Dr. Wahyu Nugroho, MA selaku narasumber dalam dialog tersebut.

Pada akhir kunjungan, mahasiswa diajak berkeliling melihat bidang usaha yang dikelola PP Lintang Songo. Diharapkan kunjungan ini merupakan awal yang baik bagi para mahasiswa untuk lebih mempererat kebersamaan lintas universitas dan lintas agama.


(ROS)