Jalan dari Keraton ke Kota Gede Akan Disulap Jadi Jalur Budaya

Patricia Vicka    •    Senin, 26 Sep 2016 17:04 WIB
pariwisata
Jalan dari Keraton ke Kota Gede Akan Disulap Jadi Jalur Budaya
Tiga pasang kemanten diarak oleh penari dan prajurit keraton Yogyakarta, keliling jalan di Kasongan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (7/12/2013). Foto: MI/Furqon Ulya Himawan

Metrotvnews.com, Yogyakrta: Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Yogyakarta berencana menyulap sepanjang jalan dari Keraton Yogyakarata menuju Kota Gede menjadi jalur budaya. Perubahan ini dilakukan untuk menonjolkan ciri khas Yogyakrta sebagai kota budaya.

Kepala Diparbud Kota Yogyakarta Eko Suryo Maharso menjelaskan sepanjang jalan tersebut akan dipasangi furnitur dan segala hasil seni yang berciri budaya Yogyakarta. 

Sisi jalan yang akan dipercantik meliputi jalananan dari Pojok Benteng-Jalan Parangtritis-Jalan Sisinga Maharaja-Jalan Tritunggal-Jalan Tegalturi-Jalan Imogiri Timur-Jalan Tegalgendu sampai Mondorakan, wilayah Kota Gedhe. 

"Tahap awal kami akan merombak trotoar sepanjang Jalan Parangtritis dari Simpang Pojok Benteng (Jokteng) Wetan sampai Jalan Menukan," kata dia, di Balaikota, Senin (26/9/2016).

Pihaknya juga berencana membeli lahan kosong yang ada di jalur tersebut untuk membangun galeri ruang pameran bagi para seniman memamerkan karyanya.

Jalur ini mulai dibangun pada 2018, namun detail engineering design (DED) atau produk dari konsultan pelaksana akan mulai dikerjakan pada 2017.

"Sementara ini, Disparbud baru menganggarkan Rp300 juta yang berasal dari dana istimewa. Sudah kami ajukan Danais 2017 ke pemda," ujarnya.

Pada 2017 Diparbud Kota Yogyakarta berencana meningkatkan kunjungan pariwisata melalui pembangunan dan pembelian cagar budaya.


(UWA)