Sekitar 3.000 Wajib Pajak Manfaatkan Tax Amnesty Periode Pertama

Patricia Vicka    •    Jumat, 30 Sep 2016 18:26 WIB
tax amnesty
Sekitar 3.000 Wajib Pajak Manfaatkan Tax Amnesty Periode Pertama
Ilustrasi pajak, Ant

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kurang lebih 3.000 wajib pajak memanfaatkan pelayanan tax amnesty periode pertama di Yogyakarta. Petugas pajak pun siap melayani wajib pajak hingga pukul 24.00 WIB malam ini.

Jumat 30 September merupakan batas akhir periode pertama tax amnesty. Peserta tax amnesty pun beramai-ramai mengantre di Kantor Direktorat Jenderal Pajak (DJP) DI Yogyakarta di  Jalan Ring Road Utara No. 10, Depok, Sleman.

Baca: Catat! Hari Ini Terakhir Program Amnesti Pajak Periode Pertama

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 dan Humas) Kanwil DJP DIY Sanityas Jukti Prawatyani (Tyas) mengatakan menambah jumlah pegawai yang melayani tax amnesty. Biasanya, pegawai hanya melayani di 14 meja. Namun di hari terakhir, pegawai bertugas di 22 meja.

"Kalau hari biasa meja penerima ada 6 dan meja penelitian ada 8. Hari ini kami tambah hampir dua kali lipat," kata Tyas.

Tyas mengaku animo masyarakat cukup tinggi di hari terakhir tax amnesty periode pertama. Padahal pada Agustus lalu, jumlah peserta tax amnesty hanya berkisar 100 sampai dengan 300 orang per hari.

Tyas menegaskan tak ada perpanjangan waktu bagi pelaporan pajak gelombang pertama. Namun bagi wajib pajak yang telah mendeklarasi pajak ke kantor DJP dan masih kurang berkas persyaratan diberi waktu melengkapi hingga akhir tahun 2016. 

"Syaratnya WP tetap harus bayar uang tebusan ke bank persepsi dan menyampaikan surat penyertaan harta(SPH) ke kantor pajak dan dokumen lainnya. Kalau dokumen lampiran bisa disampaikan sampai 31 Desember," jelasnya. 


(RRN)