Tol Trans-Jawa Siap Dioperasikan

Akhmad Safuan    •    Sabtu, 15 Dec 2018 09:50 WIB
toltransjawa
 Tol Trans-Jawa Siap Dioperasikan
Sejumlah petugas mengatur kendaraan melintasi jalan Tol Surabaya Mojokerto saat penyusuran pra uji laik fungsi dan keselamatan Trans Jawa, Batang, Jawa Tengah. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.

Semarang: Pekan depan Tol Trans-Jawa mulai diuji coba sebagai persiapan untuk menghadapi arus mudik liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Pemantauan Media Indonesia kemarin, dengan selesainya pembangunan ruas Pemalang-Batang, Batang-Semarang, dan Salatiga-Kartasura, Tol Trans-Jawa sudah dapat dilintasi kendaraan pada penghujung tahun nanti.

"Sudah selesai 100 persen dan tinggal uji coba untuk dibuka pekan depan. Saya sudah dua kali melintas. Semarang-Solo dapat ditempuh 1,5 jam atau lebih singkat daripada melalui jalan nasional yang biasanya sampai 3 jam," kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, seusai meninjau ruas Tol Bawen-Kartasura, kemarin.

Ganjar menambahkan dua jembatan vital, yakni di Kali Kuyo dan Kali Kenteng, juga telah selesai sehingga siap dioperasikan pekan depan. "Rencananya diresmikan Presiden. Semoga perjalanan warga pada liburan Natal dan Tahun Baru lancar karena semakin singkat waktu tempuhnya."

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat merencanakan membuka empat ruas tol baru pada Desember 2018.

Keempat ruas tol itu ialah Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Kartasura-Salatiga, dan Wilangan-Kertosono, dengan panjang keseluruhan 180 kilometer. Dengan demikian, infrastruktur Tol Jakarta-Surabaya tersambung di akhir tahun ini.

"Tahun ini selesai sampai Surabaya. Rencana minggu kedua (Desember) uji layak fungsi lalu sertifikat layak operasi diterbitkan. Semoga minggu ketiga (pekan depan) atau tergantung waktu Presiden untuk meresmikan," ujar Dirjen Bina Marga Sugiyartanto di Ban-dung, Jawa Barat, pekan lalu.

Sugiyartanto mengatakan, dengan tuntasnya proyek tol yang tersisa sekitar 180 kilometer itu semakin memper-singkat waktu perjalanan dari Jakarta ke Surabaya.

"Jarak ke Surabaya 870 km dari Merak. Kalau dari Jakarta, berkurang 130 km. Kalau kecepatan rata-rata 80 km per jam, jadi waktu tempuhnya 10-12 jam," lanjut Sugiyartanto.

Meskipun demikian, Sugiyartanto mengingatkan para pengguna jalan agar tetap mengutamakan keselamatan. "Pengguna tol belum terbiasa di jalan panjang dan lurus."

Gratis

Pemimpin proyek PT Waskita Karya Pemalang-Batang Toll Road (PBTR), Aminuddin, mengatakan pihaknya akan menggratiskan kendaraan yang melintas di Tol Trans-Jawa hingga akhir Desember 2018.

"Kami pastikan jalur Pemalang-Batang gratis saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Tol Kabupaten Pekalong-an hingga Kabupaten Batang juga dapat dilalui kendaraan," ungkap Aminudin, kemarin.

Menurut staf teknik dan operasional PBTR, Zakaria, berdasarkan informasi, pada Minggu (16/12) akan diresmikan Tol Pemalang-Batang dan selanjutnya pada Kamis (20/12) dilakukan peresmian ruas tol Batang.

"Setelah diresmikan, Tol Trans-Jawa dari Merak hingga Surabaya sepanjang 870 km sudah beroperasi. Ruas Tol Pemalang-Semarang terlebih dulu diuji coba tujuh hari. Artinya, gratis bagi masyarakat yang melewati jalur sepanjang 107 kilometer itu," tandas Zakaria.


(ALB)